Giat Menghadirkan Solusi

Produktif Berinovasi Hasilkan Solusi Bermutu Tinggi

Bangun Kemandirian Pangan

"Bangkitkan Sinergi Bangun Kemajuan Negeri"

Apapun tanamannya, PUSRI pupuknya

Pusri akan selalu mencari inovasi - inovasi dan terobosan - terobosan baru untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan yang sanggup memenuhi kebutuhan masa depan.

PUSRI

Sekilas Tentang Pusri

Berdiri sebagai pelopor produsen pupuk UREA di Indonesia, PT Pupuk Sriwidjaja kini telah berkontribusi lebih dari 50 tahun untuk mendukung ketahanan pangan bangsa. Di tengah perkembangan pesatnya, PT Pupuk

Sriwidjaja tetap menggunakan nama PUSRI sebagai merk dagang.

 

Mari, bersinergi bersama PUSRI mendukung

kemakmuran nasional!

PUSRI
Penghargaan
PUSRI
International Quality Productivity Convention 2022
Penghargaan
PUSRI
Penghargaan Proper Emas 2022
Penghargaan
PUSRI
TOP BUMN Awards 2022
Penghargaan
PUSRI
Indonesian Quality Award 2022
Penghargaan
PUSRI
IGSCA 2022
Penghargaan
PUSRI
TJSL & CSR Award 2022

Kabar Pusri

Lihat Semua Berita
19 January 2023
PROGRAM “UREA”, DORONG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

PALEMBANG – Sebagai salah bentuk kepedulian dan kontribusi perusahaan bagi masyarakat sekitar perusahaan, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) meluncurkan Program UREA (Unggul terRampil professional siap kerjA) yang merupakan re-branding dari program Loka Pelatihan dan Keterampilan (Lolapil).

Berdasarkan arahan Kementerian BUMN, agar 60% TJSL non PUMK diprioritaskan kepada Program Pendidikan, Lingkungan dan Pengembangan UMK. Pusri melalui Departemen TJSL memiliki program dalam penyaluran dana TJSL di sektor pendidikan dengan nama PUSRI (Pendidikan Untuk Semua Rakyat Indonesia).

Program UREA merupakan salah satu program dari PUSRI yang bertujuan untuk memberikan nilai tambah pada masyarakat sekitar. Disampaikan VP TJSL Pusri, Alde Dyanrini bahwa Program UREA yang sebelumnya Bernama Program Lolapil merupakan program rutin Departemen TJSL. “Tujuan dari Pelaksanaan Program UREA ini yaitu untuk meningkatkan empowerment masyarakat, agar masyarakat lebih terampil”, terang Alde.

Dalam Program UREA ini dilaksanakan kegiatan pelatihan menjahit dan pelatihan basic safety K3 yang materi nya disampaikan langsung oleh Departemen K3 Pusri. Sementara untuk pelatihan menjahit dilaksanakan di LKP Kursus Menjahit NOVI, Sekip Palembang. Dengan total peserta pealtihan yaitu 18 (delapan belas) orang untuk pelatihan basic safety K3 dan 21 (dua puluh satu) orang pelatihan menjahit.

Seluruh peserta pelatihan menjahit akan diberikan edukasi dan praktik terkait menjahit sampai nanti kedepannya peserta dapat menjahit baju wearpack PT Pusri Palembang.

Melalui pelatihan ini kami berharap seluruh peserta yang lulus pelatihan dapat menjadi SDM yang unggul, terampil dan siap kerja, sesuai dengan nama program kami yaitu UREA”, jelas Alde.

Kedepannya kami akan selalu berupaya untuk mengadakan program pelatihan serupa, dengan materi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan masyarakat. Agar bersama Pusri masyarakat dapat menambah pengalaman serta keahlian yang dapat digunakan untuk mencari kerja”, tutup Alde.



Palembang, 19 Januari 2023

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Email: [email protected]

Lihat Selengkapnya
16 January 2023
TINGKATKAN PRODUKTIVITAS TANAMAN SORGUM DENGAN PRODUK PUSRI

PALEMBANG – Bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut (AL), PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) laksanakan Panen Raya Sorgum di Kebun Percobaan Pusri, Lorong Abadi Palembang (12/01).

Sebelumnya TNI AL Penanaman Sorgum bersama Kementerian Pertanian melaksanakan penanaman sorgum secara serentak di 77 (tujuh puluh tujuh) titik lahan milik TNI AL di Indonesia salah satu nya di Kabupaten Banyuasin. Dengan tujuan yaitu sebagai bentuk kampanye bahan makanan alternatif selain padi.

Tema pada kegiatan ini yaitu Melalui Gerakan Nasional Penanaman Sorgum Tahun 2022 TNI AL Bersama Rakyat Siap Mendukung Kejayaan Maritim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat.

Panen ini dihadiri oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Palembang, Kolonel Laut (Pelaut) Widyo Sasongko, Palaksa Lanal Palembang, Mayor Laut (Pelaut) Yusan Taufik, Paspotmar Lanal Palembang, Mayor Laut (Kesehatan), Dewi Tresnawati, Direktur Operasi & Produksi Pusri, Filius Yuliandi, jajaran SVP Pusri yang berkesempatan hadir dan perwira staf Lanal Palembang.

Tanaman Sorgum juga disebut sebagai tanaman yang tahan terhadap kondisi ekstrem dan mampu hidup dalam kondisi sedikit air. Tanaman Sorgum juga merupakan tanaman sehat, rendah gula dan tidak banyak mengandung kolesterol.

Disampaikan Filius Yuliandi bahwa Pusri sangat menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh TNI AL ini, “Kegiatan ini sangat baik karena sejalan dengan salah satu misi kami yaitu untuk mendorong pencapaian kemandirian pangan dan kemakmuran negeri”, terang Filius.

Melalui Departemen Riset Pusri, pada tanggal 19 September 2022, telah dilakukan penanaman tanaman sorgum di Kebun Percobaan Pusri dan Taman Kenten. “Keberhasilan dalam budidaya Sorgum yang telah kami lakukan sampai dengan saat ini karena produk unggulan inovasi yang digunakan pada penanaman sorgum yaitu pupuk urea, NPK Pusri, pupuk hayati bioripah dan pupuk mikro nutremag yang diaplikasikan secara berimbang”, jelas Filius.

Komandan Pangkalan TNI AL, Kolonel Laut (Pelaut) Widyo Sasongko mengucapkan terimakasih atas support Pusri terhadap tercapainya program penanaman sorgum. “Kami sangat mengapresiasi atas keberhasilan Pusri dalam budidaya tanaman sorgum. Karena dengan bibit yang sama, hasil panen oleh tim riset Pusri lebih meningkat jika dibandingkan dengan yang kami tanam sendiri”, terang Widyo.

Widyo menambahkan kedepannya diharapkan Pusri bekerjasama dengan TNI AL dapat mengembangkan tanaman lainnya, guna bersama mendukung ketahanan pangan nasional.

 

Palembang, 12 Januari 2023

Informasi lebih lanjut:

Vice President Humas

Soerjo Hartono

Email: [email protected]     

Lihat Selengkapnya
13 January 2023
KOMISARIS DAN DIREKSI PUSRI SAMBANGI KAMPUNG SESERA

Komisaris Pusri, KH. Amiruddin Nahrawi bersama Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh, Direktur Operasi & Produksi, Filius Yuliandi, Direktur Keuangan & Umum, Saifullah Lasindrang laksanakan kunjungan ke Kampung Sehat Sejahtera (SESERA) di Pulau Kemaro dan merupakan Program TJSL Pusri (11/01).

Pada acara ini Komisaris dan Direksi Pusri juga laksanakan penyerahan bantuan secara simbolis Renovasi Masjid Darul Muttaqin dan Bantuan kepada Koperasi Wanita Mandiri SESERA.

Di Kampung SESERA ini, juga telah dibangun Resto Apung, instalasi pengolahan air minum, pertanian zero waste, keramba jaring apung 2 dan peogram lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Pulau Kemaro.

Lihat Selengkapnya

Produk Unggulan Pusri

Untuk mendukung ketahanan pangan nasional, PUSRI menghasilkan dua produk utama yaitu Urea dan Amonia.
Urea

Pupuk yang kaya akan nitrogen dan cocok digunakan semua jenis tanaman. Bersifat mudah larut dalam air dan higroskopis (menghisap air).

NPK

Pupuk majemuk dengan unsur hara Nitrogen (N), Phosphate (P), dan Kalium (K). Teknologi pabrik NPK Fusion unggul karena fleksibilitasnya dengan biaya investasi rendah.

Ammonia

Senyawa kimia gas berbau tajam sebagai bahan mentah produksi kimia. Dipasarkan dalam bentuk cair pada suhu -33 derajat Celsius dengan kemurnian minimal 99,5% (0,5% berupa air).

background feature product desktop background feature product tablet background feature product mobile

Produk Pusri Lainnya

Inovasi PUSRI hadirkan beragam produk bermutu tinggi, solusi tanaman pertanian Anda.
Lihat Semua Produk
Innovation
PUSRI

Nutremag

Pouch
Baca Selengkapnya
Innovation
PUSRI

Pupuk Dolomit

25
Baca Selengkapnya
Innovation
PUSRI

Pusrihydro

Pouch
Baca Selengkapnya
Innovation
PUSRI

Bioripah

botol
Baca Selengkapnya

Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL)

Semangat PUSRI bersinergi dengan para pemangku kepentingan, demi kemajuan berkelanjutan bagi masyarakat, lingkungan, dan bangsa.
Beberapa Program TJSL
  • Program Creating Shared Value (CSV)
  • Bantuan Kesehatan
  • Bantuan Sosial Kemasyarakatan (ComDev)
  • Bantuan Tanggap Bencana dan Kedaruratan
  • Bantuan Sarana & Prasarana Umum dan Ibadah
  • Bantuan Pendidikan
  • Program Creating Shared Value (CSV)
  • Bantuan Kesehatan
  • Bantuan Sosial Kemasyarakatan
  • Bantuan Tanggap Bencana dan Kedaruratan
  • Bantuan Sarana & Prasarana Umum dan Ibadah
  • Bantuan Pendidikan

Laporan Produksi

Update terakhir 31 December 2022
Produksi Npk
346.878 ton
Produksi Urea
1.993.680 ton
Produksi Ammonia
1.361.023 ton

PT Pupuk Sriwidjaja Mendukung Program Makmur

Setelah diresmikan Menteri BUMN Bpk. Erick Thohir tanggal 28 Agustus 2021 lalu, Program Makmur langsung ditindaklanjuti PT Pusri Palembang melalui serangkaian proses pengembangan ekosistem bersama dengan mitra integrator. “Sejak awal tahun, PT Pusri sudah memulai program yang dulunya bernama Agrosolution ini (sekarang Program Makmur) dengan memberikan pendampingan dan pembinaan kepada Kelompok Tani di beberapa provinsi wilayah kerja PT Pusri. Pembinaan dilakukan dengan mengoptimalkan cara budidaya tanaman yang baik agar lebih produktif.

Program Makmur
PUSRI

Temukan Solusi Terbaik Untuk Tanaman Anda

Ikuti panduan tipe dan dosis pupuk sesuai dengan jenis tanaman pertanian Anda untuk mencapai hasil menguntungkan.

Tidak menemukan tanaman yang Anda cari?

PUSRI

Bergabung Bersama Kami

Raih karir terbaik Anda dengan bergabung bersama PUSRI. Temukan posisi dan penempatan yang tepat

untuk Anda di sini.

Karir
Lihat Detail
Internship Program
Lihat Detail

Bisnis Unit PUSRI

Jumlah Bisnis Unit : 2

Selain unggul berinovasi di produk pupuk, PUSRI terus berkontribusi bagi bangsa melalui beragam lini bisnis lain di antaranya energi dan logistik. Ayo kunjungi situs bisnis unit terkini PUSRI!

PUSRI PUSRI

Jasa Pelayanan Pabrik (JPP)

PUSRI PUSRI

SBU Manajemen Aset

Laporan Tata Kelola Info Publik FAQ