HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Tes Pusri Mirip SPMB

14 Desember 2007 Lamaran Masuk, Tembus 23 Ribu - Pelamar PT Pusri, sejak dibuka 3 Desember dan ditutup kemarin (11/12), membeludak. Panitia mencatat tak kurang dari 23 ribu lamaran sudah masuk Balitek Unsri, institusi yang akan melaksanakan ujian penerimaan calon karyawan perusahaan milik negara itu.

Dr Didik Susetyo, ketua panitia pelaksana ujian mengatakan, pihaknya masih menunggu beberapa berkas lamaran dari daerah yang dikirim melalui PT Pos Indonesia. "Kami perkirakan jumlah lamaran yang masuk terus bertambah. Jumlah 23 ribu pelamar, itu baru data hari ini (kemarin, red). Prediksi kami akan mencapai 25 ribu," ungkap Didik ditemui di Balitek Unsri, kemarin.

Setelah semua berkas masuk, tambah dia, tim gabungan?Balitek dan Psikolog Pusat?akan menyeleksi persyaratan administrasi. Saat ini, yang sudah dinyatakan memenuhi persyaratan baru 2.500 aplikasi. "Mereka sudah kita hubungi dan diberi nomor ujian yang dikirim ke alamat masing-masing melalui pos. Sedangkan, sisanya masih diseleksi."

Menurut Didik, tes akan dilaksanakan 23 Desember secara serentak di seluruh Indonesia. Khusus pelamar dari wilayah Sumatera, tes dipusatkan di kampus Unsri Bukit Besar, Palembang. Sedangkan, untuk luar Sumatera di gedung STEKPI-Kalibata, Jakarta.

Dikatakan, tes penerimaan karyawan PT Pusri ini benar-benar mirip dengan tes seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB). Pada H-1, pelamar diminta melihat lokasi ujian. Begitu juga dengan pengawasan, 20 orang dikawal 1 pengawas.

Bedanya, lanjut Didik, terletak pada materi tes. Tahapan ujian penyaringan antara lain ujian potensi dan kompetensi, ujian psikologi tertulis dan wawancara awal, tes kesehatan dan wawancara akhir dengan direksi. Sedangkan untuk posisi operator, akan ada ujian praktik.

Nah, soal yang diujikan ada tiga set. Tiap setnya terdiri dari 120 soal. "Pelaksanaan tes sendiri akan dilakukan beberapa shift. Tergantung jumlah pelamar yang lulus seleksi administrasi. Kalau yang lulus administrasi lebih dari seribu pelamar, tesnya dilakukan 3 shift. Yakni, pukul 07.00 WIB, pukul 11.00 WIB, dan pukul 14.00 WIB. Jika yang lulus seribu orang atau di bawahnya, maka tes tersebut akan dilakukan dua shift."

Kapan pengumuman hasil ujian? Kata Didik, belum dapat dipastikan. Yang jelas, dapat diakses di www.balitek.org mulai minggu depan. Di samping, bisa melihat pengumuman tersebut di PT Pusri dan Balitek Unsri. (mg16)