Kabar Pusri

Press Release

Ikuti informasi lengkap mengenai beragam kegiatan dan inovasi Pusri terkini.

news-1

15 June 2024

UMKM BINAAN PUSRI, RAIH JUARA I PADA AJANG UMKM PALEMBANG AWARDS 2024

PALEMBANG – Dorong peningkatan potensi UMKM Binaan, PT Pusri Palembang yang merupakan anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero), turut berpartisipasi pada ajang  UMKM Palembang Awards 2024, yang berlangsung di Plaza Benteng Kuto Besak Palembang  pada tanggal 30 Mei - 01 Juni 2024.

UMKM Palembang Awards merupakan sebuah penghargaan yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Palembang dalam rangka meningkatkan potensi serta kreativitas para pelaku industri UMKM di Kota Palembang. Melalui event ini diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat khusunya pelaku UMKM, Ekonomi Kreatif dan Industri Pariwisata di Kota Palembang.

Penyelenggaraan UMKM Palembang Award 2024 melibatkan UMKM dari 107 Kelurahan se-Kota Palembang dan UMKM Binaan BUMN/BUMD Mitra Pemerintah Kota Palembang.

Pada kesempatan tersebut, Pj Walikota Palembang, H. Ratu Dewa memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kegiatan UMKM Palembang Awards yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Koperasi dan UMKM kota Palembang, kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi UMKM yang berada di 107 Kelurahan Se-Kota Palembang dan UMKM binaan BUMN/BUMD Se-Kota Palembang. Pj Walikota Ratu Dewa mengucap syukur karena pertumbuhan perekonomian di Kota Palembang semakin membaik, yaitu di angka 5,12 persen.

Dalam sambutannya Pj. Gubernur Sumsel, A. Fatoni memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut yang merupakan wujud keseriusan Walikota dan Pemerintah Kota Palembang dalam mendukung pelaku usaha UMKM yang berada diwilayahnya.

Dalam event UMKM Palembang Awards 2024, Pusri mengikutsertakan salah satu mitra unggulannya yaitu KC Haris Jaya, yang sudah menjadi mitra binaan Pusri sejak Tahun 2018. KC Haris Jaya merupakan UKM yang bergerak dibidang produksi kain tradisional atau wastra khas Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam proses penilaian oleh 3 (iga) Dewan Juri UMKM Palembang Awards 2024, KC Haris Jaya meraih Juara 1 untuk kategori UMKM Binaan BUMN/ BUMD Se-Kota Palembang.

VP TJSL PUSRI, Alde Dyanrini menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada Owner KC Haris Jaya, Ahmad Habibi, yang sudah meraih Juara 1 UMKM Palembang Awards 2024. ”Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Pusri dalam memberikan wadah bagi UMKM untuk mengeksplorasi potensi yang dimiliki oleh mitra binaan. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan pengalaman bagi UMKM binaan untuk bersaing dengan produk-produk lainnya yang ada di kota Palembang”, tutup Alde.

***

 

Palembang, 03 Juni 2024

Informasi lebih lanjut :

VP Humas Pusri

Rustam Effendi – 08127378730

Layanan Pelanggan :

Telpon Bebas Pulsa : 08001008001

WhatsApp : 08119918001

Email : [email protected]

 

 

Baca Selengkapnya
news-1

14 June 2024

SAMBUT IDUL ADHA, PUSRI SALURKAN HEWAN KURBAN UNTUK WARGA LINGKUNGAN

PALEMBANG – Memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 H, PT Pusri Palembang yang merupakan anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero) salurkan hewan kurban kepada Masjid, Mushollah di sekitar perusahaan serta stakeholders  di Wilayah Kerja Pusri yang secara simbolis dilaksanakan di Halaman Kantor Departemen TJSL, Komplek PT Pusri Palembang (14/06).

Sebanyak 63 (enam puluh tiga) sapi dan 33 (tiga puluh tiga) kambing secara simbolis diserahkan oleh Direktur Keuangan & Umum PT Pusri Palembang, Saifullah Lasindrang kepada perwakilan pengurus masjid dan mushola di lingkungan perusahaan, serta akan disalurkan ke wilayah kerja Pusri.

Turut hadir pada kegiatan ini SVP Sekretariat Perusahaan & Tata Kelola, Indah Irmayani, VP CSR Pusri, Alde Dyanrini serta beberapa stakeholders yang juga akan menerima kurban dari Pusri yaitu Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumsel, Dinas Pendidikan Kota Palembang,Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumsel, Yayasan Sosial Pendidikan Pusri dan LSM Merah Putih.

Penyaluran hewan kurban ini merupakan salah satu program sosial kemasyarakatan secara berkelanjutan yang rutin dilaksanakan Pusri setiap tahunnya menjelang Idul Adha.

“Alhamdulillah kami bisa kembali melaksanakan kegiatan yang mulia ini, bantuan ini sebagai bentuk rasa syukur Pusri Insya Allah bermanfaat bagi warga masyarakat dan bersama-sama kita dapat merasakan kebahagiaan kurban di Hari Raya Idul Adha yang akan dilaksanakan pada 17 Juni mendatang”, terang Saifullah.

Saifullah juga menambahkan bahwa semua hewan qurban telah dinyatakan sehat dan telah melalui proses vakisnasi dan verifikasi.

Selain sebagai bentuk ibadah umat muslim dengan menunaikan ibadah haji (bagi yang mampu) dan menyembelih hewan kurban, momentum Idul Adha juga dimanfaatkan sebagai kesempatan umat muslim untuk saling bersilaturrahmi.

“Bagi kita semua Idul Adha merupakan simbol semangat pengorbanan, sehingga diharapkan kita semua dapat mengambil peran untuk selalu menebar kepedulian terhadap sesama”, terang Saifullah.

Lebih lanjut disampaikan Saifullah, “Tentunya kami berharap agar bantuan hewan kurban ini dapat diterima dengan baik dan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Serta semuanya dapat merasakan indahnya Hari Raya Idul Adha bersama keluarga”, tutup Saifullah.

 

 

***

Palembang, 11 Juni 2024

Informasi lebih lanjut :

VP Humas Pusri

Rustam Effendi – 08127378730

Layanan Pelanggan :

Telpon Bebas Pulsa : 08001008001

WhatsApp : 08119918001

Email : [email protected]

 

Baca Selengkapnya
news-1

13 June 2024

PUSRI GELAR BAKTI SOSIAL DONOR DARAH, DALAM RANGKA HARI DONOR DARAH SEDUNIA

PALEMBANG – Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap sesama, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) gelar kegiatan Bakti Sosial Donor Darah yang bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang. Kegiatan dilakukan dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh setiap tanggal 14 Juni.

 

Mengusung tema Hari Donor Darah Sedunia “20 Years of Celebrating Giving : Thank You Blood Donors!”, donor darah dilaksanakan di Gedung Kesenian & Olahraga Pusri dan Aula Rumah Sakit Pusri, serta diikuti oleh Karyawan/ti beserta keluarga besar PT Pusri Palembang (11/06). 

 

Kegiatan Donor Darah tersebut merupakan kegiatan rutin perusahaan setiap tahunnya. Hal ini selaras dengan komitmen nyata BUMN dalam rangka menumbuhkan kepedulian terhadap sesama. Serta selaras dengan salah satu tujuan dari kampanye merayakan Hari Donor Darah Sedunia 2024 yaitu untuk mempromosikan budaya donor darah secara teratur di kalangan generasi muda dan masyarakat umum.

 

Disampaikan SVP Teknologi Pusri, Alfa Widyawan bahwa total pendonor pada kali ini yaitu 290 (dua ratus sembilan puluh) orang, yang merupakan karyawan dan keluarga besar Pusri.

 

Guna mencegah terjadinya kepadatan pendonor dan agar kegiatan berjalan dengan tertib, pelaksanaan donor darah dibagi menjadi 4 (empat) sesi yaitu sesi pertama pukul. 08.00 WIB, sesi kedua pukul 09.00 WIB, sesi ketiga pukul 10.00 WIB dan sesi keempat pukul 11.00 WIB. Sehingga kondisi pelaksanaan pun tetap tertib.

 

Alfa menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang baik dan sangat bermanfaat bagi sesama. “Alhamdulillah, kegiatan ini terlaksana lagi, ini merupakan kegiatan rutin yang kami buat berkolaborasi bersama PMI. Dengan begini kami juga ikut menyumbang stok darah untuk PMI, terang Andri.

 

Melalui kegiatan ini semoga dapat memberikan manfaat bagi penerima maupun pendonor darah, serta membantu program Pemerintah dalam memenuhi stok darah di PMI.

“Kami mewakili Manajemen PUSRI mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh pendonor yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini, Kami harap kita semua selalu mengutamakan K3 dalam semua kegiatan pekerjaan, sehingga nilai K3 menjadi budaya perusahaan yang melekat dan dekat dengan kegiatan sehari hari”, tutup Alfa.

 

***

Palembang, 11 Juni 2024

Informasi lebih lanjut :

VP Humas Pusri

Rustam Effendi – 08127378730

Layanan Pelanggan :

Telpon Bebas Pulsa : 08001008001

WhatsApp : 08119918001

Email : [email protected]

 

Baca Selengkapnya
news-1

12 June 2024

PUSRI RAIH PENGHARGAAN INDONESIA LIVING LEGEND

Pusri menerima penghargaan dari Majalah SWA yaitu sebagai The Indonesian Living Legend Companies yang diterima mewakili manajemen Pusri, VP Humas Pusri, Rustam Effendi di Cerie Room, Shangri-La Hotel, Jakarta (10/06).

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada Pusri karena telah beroperasi menjadi perusahaan pupuk dan agroindustri pertama di Indonesia, yaitu selama lebih dari 60 tahun.

Dengan diterimanya pengargaan dan apresiasi yang telah diberikan kepada Pusri, akan menjadi motivasi Pusri untuk terus melaksanakan inovasi dan transformasi di segala bidang. Serta terus tumbuh memberikan kontribusi untuk Indonesia.

#AwardPusri2024
#MajalahSWA
#IndonesianLivinegendCompanies

Baca Selengkapnya
news-1

05 June 2024

SOSIALISASI PUPUK BERSUBSIDI BALI

Pusri laksanakan Sosialiasi dan Sambung Rasa kepada petani di Bali (30/05), yang dihadiri oleh VP MBP, Amani Muthi’ah didampingi oleh perwakilan dari Departemen Agrosolution, MBP dan Marketing Support.

Pada kegiatan ini Pusri memberikan edukasi kepada petani tentang cara penggunaan produk, mekanisme penyaluran pupuk bersubsidi, Program Makmur, produk non-subsidi dan cara pengaplikasian / uji tanah.

Serta Pusri memberikan sosialisasi terkait penambahan alokasi pupuk bersubsidi pada tahun anggaran 2024, dari 4,7 juta ton menjadi 9,55 juta ton.

Petani menyampaikan agar kedepannya proses penebusan pupuk kian mudah, alokasi pupuk lancar dan tepat waktu.

Pusri juga senantiasa berkomitmen akan memberikan pendampingan serta dukungan kepada petani, agar petani semakin makmur dan sejahtera.

#PenambahanAlokasiPupukBersubsidi
#PupukBersubsidi
#PusriPalembang
#Pusri2024
#PusriActivity2024

Baca Selengkapnya
news-1

04 June 2024

SOSIALISASI PUPUK BERSUBSIDI DI BENGKULU

Pusri laksanakan Sosialiasi dan Sambung Rasa kepada petani di Bengkulu (29/05), yang dihadiri oleh SVP SBU JPP, Dikdik Yuliana didampingi oleh perwakilan dari Departemen Agrosolution, MBP dan Marketing Support.

Pada kegiatan ini Pusri memberikan edukasi kepada petani tentang cara penggunaan produk, mekanisme penyaluran pupuk bersubsidi, Program Makmur, produk non-subsidi dan cara pengaplikasian / uji tanah.

Serta Pusri memberikan sosialisasi terkait penambahan alokasi pupuk bersubsidi pada tahun anggaran 2024, dari 4,7 juta ton menjadi 9,55 juta ton.

Petani menyampaikan agar kedepannya proses penebusan pupuk kian mudah, alokasi pupuk lancar dan tepat waktu.

Pusri juga senantiasa berkomitmen akan memberikan pendampingan serta dukungan kepada petani, agar petani semakin makmur dan sejahtera.

#PenambahanAlokasiPupukBersubsidi
#PupukBersubsidi
#PusriPalembang
#Pusri2024
#PusriActivity2024

Baca Selengkapnya
news-1

02 June 2024

WUJUDKAN GENERASI EMAS, DENGAN PUSRI CERDAS ACADEMY BATCH 3

PALEMBANG – Sebagai salah satu bentuk komitmen PT Pusri Palembang yang merupakan anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero), dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan, melalui Departemen TJSL, Pusri kembali laksanakan Pusri Cerdas Akademi (PCA) yang tahun ini merupakan Batch ke-3.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Direktur Keuangan & Umum Pusri, Saifullah Lasindrang, serta dihadiri oleh Komisaris Independen PT Pupuk Indonesia (Persero), Mustoha Iskandar didampingi jajaran Dewan Komisaris PT Pupuk Indonesia (Persero), Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Universitas Sriwijaya, Rujito Agus Suwignyo, Dosen dari Perwakilan Universitas Penerima Beasiswa Cetak Generasi Emas (CERDAS)  dan Beasiswa Anak Petani Jadi Sarjana (APJS).

Mengusung Tema One Step Closer to Becoming an Enterpreneur, Pusri Cerdas Akademi merupakan kegiatan Seremonial Pemberian Beasiswa serta peningkatan soft skill dan hard skill bagi penerima Beasiswa Anak Petani Jadi Sarjana (APJS) dan Beasiswa Cerdas untuk warga lingkungan. Dalam kegiatan tersebut, Pusri tidak hanya memberikan bantuan dana pendidikan dengan skema charity namun juga memberikan knowledge dan skill bagi penerima beasiswa melalui kegiatan-kegiatan pelatihan atau seminar yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Dalam agenda PCA tahun ini, dilaksanakan workshop tentang entrepreneurship dengan narasumber UMK binaan Pusri yaitu, Pempek Culinary Workshop, Donut Artistry Class, Jumputan Craft Workshop, Eco Print Craft Workshop.

“Tahun ini sedikit berbeda, karena kami mengundang mitra binaan Pusri sebagai narasumber pada kegiatan. Dengan tujuan agar dapat menambah skill peserta dengan mendengarkan materi dan praktik langsung bersama ahlinya”, ungkap VP TJSL Pusri, Alde Dyanrini dalam laporan kegiatan PCA Tahun 2024.

Sebanyak 76 (tujuh enam) mahasiswa penerima beasiswa merupakan warga lingkungan di sekitar perusahaan, yaitu yang meliputi Kelurahan 1 Ilir, Kelurahan 2 Ilir, Kelurahan 3 Ilir, Sungai Buah, Kelurahan Sungai Selayur, Kelurahan Sungai Selincah, Kelurahan Sungai Lais dan Kelurahan Kalidoni. Serta berasal dari Universitas Sriwijaya, UIN Raden Fatah Palembang, Politeknik Negeri Sriwijaya, Poltekkes Kemenkes Palembang, Universitas Bangka Belitung, Institut Teknologi Sumatera, Institut Pertanian Bogor dan STIQ Al – Lathifiyyah

Dengan total dana yang telah terealisasi untuk Beasiwa CERDAS pada semester genapl TA 2023 – 2024 mencapai Rp.369.000.000,- (tiga ratus enam puluh sembilan juta rupiah).

Sementara untuk 37 (tiga puluh tujuh) mahasiswa penerima beasiswa APJS yang berasal dari Universitas Sriwijaya, Universitas Lampung, Universitas Diponegoro, dan Universitas Gadjah Mada.Total dana yang telah terealisasi untuk APJS pada semester Genap TA 2023 – 2024 adalah sebesar Rp.186.650.000,- (seratus delapan puluh enam juta enam ratus lima puluh ribu rupiah).     

 

 

Saifullah Lasindrang mengungkapkan bahwa penyaluran bantuan dana pendidikan ini merupakan salah satu program sosial kemasyarakatan yang mendukung tercapainya SDGs khususnya pada Pilar Sosial TPB 4 yaitu Pendidikan Berkualitas.

“Melalui program PCA ini, kami tidak hanya membantu akses pendidikan bagi mahasiswa dan peningkatan skill mahasiswa, namun disisi lain diharapkan penerima beasiswa dapat turut membantu Pusri dalam mempromosikan program dan kegiatan Pusri, mengingat seluruh peserta PCA juga telah menjadi social media ranger Pusri, dan menjadi pengalaman berharga bagi mereka saat lulus kuliah nanti.”, ungkap Saifullah.

Ke depan PT Pusri Palembang akan selalu merancang program yang tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan, namun juga bermanfaat bagi seluruh stakeholder dan masyarakat dan berguna di masa mendatang.

 

***

 

Palembang, 30 Mei 2024

Informasi lebih lanjut :

VP Humas Pusri

Rustam Effendi – 08127378730

Layanan Pelanggan :

Telpon Bebas Pulsa : 08001008001

WhatsApp : 08119918001

Email : [email protected]

 

 

Baca Selengkapnya
news-1

01 June 2024

SOSIALISASI PUPUK BERSUBSIDI DI KABUPATEN MALANG

Pusri kembali laksanakan kegiatan Sosialiasi terkait Penambahan Alokasi Pupuk Bersubsidi dan Produk Pusri, kepada petani di Kabupaten Malang (27/05), yang dihadiri oleh SVP Administrasi & Keuangan, Asep Ramdan didampingi oleh perwakilan dari Departemen Agrosolution, MBP dan Marketing Support.

Pada kegiatan ini Pusri memberikan edukasi kepada petani tentang cara penggunaan produk, mekanisme penyaluran pupuk bersubsidi, Program Makmur, produk non-subsidi dan cara pengaplikasian / uji tanah.

Serta Pusri memberikan sosialisasi terkait penambahan alokasi pupuk bersubsidi pada tahun anggaran 2024, dari 4,7 juta ton menjadi 9,55 juta ton.

Petani menyampaikan agar kedepannya proses penebusan pupuk kian mudah, alokasi pupuk lancar dan tepat waktu.

Pusri juga senantiasa berkomitmen akan memberikan pendampingan serta dukungan kepada petani, agar petani semakin makmur dan sejahtera.

#PenambahanAlokasiPupukBersubsidi
#PupukBersubsidi
#PusriPalembang
#Pusri2024
#PusriActivity2024

Baca Selengkapnya
news-1

01 June 2024

INOVASI PUSRI RAIH 5 STARS PADA AJANG ICC OSH

SEMARANG – Insan PT Pusri Palembang yang merupakan anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali mengukir prestasi pada ajang Indonesian Conference & Competition Occupational Safety and Health (ICC-OSH) 2024, yang dilaksanakan di Hotel Harris Sentraland, Semarang.

Dalam ajang yang diselenggarakan oleh Wahana Kendali Mutu bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan SDM (LPSDM) pada 27-29 Mei 2024, Pusri mengirimkan 4 (empat) tim inovasi untuk berpartisipasi dan bersaing dengan perusahaan lain yang merupakan BUMN, BUMN dan juga perusahaan swasta dari seluruh Indonesia.

Mengusung tema “ Penerapan K3 Berbasis Digitalisasi dan Tantangan Perubahan Iklim”, keempat tim yang dikirimkan Pusri pada ajang ini yaitu, PKM Boninsegna, PKM Langit Biru, PKM Robot TDC 3000 dan PKM Srinonix.

Prestasi membanggakan diukir inovator Pusri, karena 2 (dua) tim inovasi Pusri yaitu PKM Boninsegna dengan judul inovasi “Airline Respirator Advance” dan PKM Robot TDC 3000 dengan judul inovasi “Menciptakan Robot Safety dengan Inovasi Menggunakan Omni Wheel, yang Bisa Bertransformasi Menjadi Robot Operator Sebagai Wujud Penerapan Teknologi Digital Fertilizer di Pabrik PIB”          , berhasil meraih penghargaan tertinggi yaitu 5 Stars.

Sementara 2 (dua) tim lan yaitu PKM Langit Biru dengan judul inovasi “SEMEDI (Sensor Maya Ammonia Dalam Air) dan PKM Srinonix dengan judul inovasi “Pengolahan Sampah Organik di Lingkungan PT Pusri Palembang”, sukses meraih predikat 4 Stars.

Turut hadir sebagai narasumber dalam rangkaian kegiatan ICC OSH, SVP Teknologi Pusri, Alfa Widyawan yang memberikan sharing knowledge terkait inovasi dan digitalisasi dalam proses bisnis.

Mewakili manajemen Pusri, Alfa mengungkapkan bahwa ICC OSH merupajan salah satu ajang untuk mengukir efektivitas inovasi oleh tiap gugus yang terlibat, serta sebagai salah satu bentuk komitmen Pusri menghadirkan lingkungan kerja yang aman dalam mengawal strategi bisnis perusahaan.

“Setiap insan Pusri berkomitmen untuk menerapkan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) serta menjadikan K3L sebagai budaya kerja perusahaan didukung dengan inovasi yang unggul”, ungkap Alfa.

Sebagai produsen pupuk terbesar di Sumatera Selatan, kedepannya Pusri akan terus mengembangkan beragam terobosan inovasi, salah satunya dibidang K3L dan menafaatkan teknologi informasi dalam aktivitas produksi maupun K3. Sehingga performance perusahaan semakin unggul dan tujuan perusahaan dapat tercapai.

 

***

 

Palembang, 30 Mei 2024

Informasi lebih lanjut :

VP Humas Pusri

Rustam Effendi – 08127378730

Layanan Pelanggan :

Telpon Bebas Pulsa : 08001008001

WhatsApp : 08119918001

Email : [email protected]

 

Baca Selengkapnya
news-1

31 May 2024

SOSIALISASI PUPUK BERSUBSIDI JAMBI

Pusri kembali laksanakan kegiatan Sosialiasi terkait Penambahan Alokasi Pupuk Bersubsidi dan Produk Pusri, kepada petani di Kios Pe-i Tani SIPP, Kecamatan Paal Merah, Kota Jambi (21/05), yang dihadiri oleh Plt. SVP SBU Manajemen Aset Pusri, Novan Apriadi didampingi oleh perwakilan dari Departemen Agrosolution, MBP dan Marketing Support.

Pada kegiatan ini Pusri memberikan edukasi kepada petani tentang cara penggunaan produk, mekanisme penyaluran pupuk bersubsidi, Program Makmur, produk non-subsidi dan cara pengaplikasian / uji tanah.

Serta Pusri memberikan sosialisasi terkait penambahan alokasi pupuk bersubsidi pada tahun anggaran 2024, dari 4,7 juta ton menjadi 9,55 juta ton.

Petani menyampaikan agar kedepannya proses penebusan pupuk kian mudah, alokasi pupuk lancar dan tepat waktu.

Pusri juga senantiasa berkomitmen akan memberikan pendampingan serta dukungan kepada petani, agar petani semakin makmur dan sejahtera.

#PenambahanAlokasiPupukBersubsidi
#PupukBersubsidi
#PusriPalembang
#Pusri2024
#PusriActivity2024

Baca Selengkapnya
news-1

29 May 2024

TAMBAH ALOKASI PUPUK BERSUBSIDI, PUSRI JAMIN KETERSEDIAAN STOK DI MUSIM TANAM

PALEMBANG – Memasuki musim tanam kedua Tahun 2024, PT Pusri Palembang yang merupakan anggota holding dari PT Pupuk Indonesia (Persero), menjamin ketersediaan stok pupuk yang telah disesuaikan dengan kebutuhan setiap wilayah tanggung jawab Pusri.

 

Pusri melalui SVP Adminstrasi Keuangan, Asep Ramdan laksanakan kunjungan langsung ke Desa Mangunrejo, Kecamatan Kepanjen, Malang (27/05). Hal ini dilaksanakan dalam rangka meninjau kesiapan musim tanam serta mensosialisasikan penambahan alokasi pupuk yang telah ditetapkan pemerintah dari sebelumnya 4,7 juta ton menjadi 9,55 juta ton.

 

Serta sebelumnya pada 16 Mei 2024, SVP Rantai Pasok, Junaedi juga melaksanakan sosialisasi dan tinjauan langsung ke Desa Sojomerto, Kecamatan Gemuh, Kendal Jawa Tengah.

 

Terkait ketersediaan pupuk, hingga 28 Mei 2024 Pusri siapkan stok di Jawa Timur II yang mencakup Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, Pasuruan, Probolinggo, Sidoarjo, Situbondo, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Malang, Kota Batu, Kota Malang, Kota Surabaya yaitu sebesar 12.912 ton atau 139% diatas ketentuan.

 

Sementara untuk Jawa Tengah II yang mencakup Demak, Kota Salatiga, Kota Semarang, Kendal, Batang, Kota Pekalongan, Pekalongan, Semarang, stok yang tersedia yaitu 7.602 ton atau 259% diatas ketentuan.

 

Diinformasikan Junaedi bahwa Penambahan alokasi subsidi pupuk ini tertuang pada Keputusan Menteri Pertanian (Kepmentan) Nomor 249 Tahun 2024 dan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 01 Tahun 2024 tentang Perubahan atas Permentan Nomor 10 Tahun 2022.

 

Pusri akan terus mendukung proses produksi dan penyaluran pupuk bersubsidi agar dapat berjalan dengan lancar, tepat sasaran, dan mudah ditebus oleh petani terdaftar. ”Pemerintah telah memutuskan untuk menaikkan alokasi kuota pupuk bersubsidi pada tahun anggaran 2024 dari 4,7 juta ton menjadi 9,55 juta ton. Sebagai BUMN yang mengemban mandat untuk menopang ketahanan nasional, Pupuk Indonesia siap memenuhi penambahan alokasi pupuk bersubsidi serta mengawasi proses distribusi dan penebusan yang tepat sasaran hingga pupuk bersubsidi sampai ke tangan petani,” jelas Asep.

 

Berdasarkan Kepmentan Nomor 249 Tahun 2024, Pemerintah telah menetapkan alokasi subsidi pupuk menjadi 9,55 juta ton. Adapun alokasi subsidi tersebut ditujukan kepada empat jenis, yaitu Urea, NPK, NPK Formula Khusus, dan yang terbaru adalah pupuk Organik. Penambahan alokasi terhadap empat jenis pupuk ini ditetapkan sebesar 4.634.626 ton untuk Urea, 4.278.504 ton untuk NPK, 136.870 ton untuk NPK Formula Khusus, dan pupuk Organik sebesar 500.000 ton.

 

Sejalan dengan penetapan kebijakan Permentan Nomor 01 Tahun 2024 dan Kepmentan Nomor 249 Tahun 2024,  Pupuk Indonesia telah menyiapkan stok pupuk bersubsidi sebesar 1,4 juta ton atau mencapai 224 persen per tanggal 3 Mei 2024.

 

Sementara itu, penambahan alokasi pupuk subsidi bisa dimanfaatkan oleh petani terdaftar atau petani yang memenuhi kriteria sesuai Permentan Nomor 01 Tahun 2024 yaitu tergabung dalam Kelompok Tani dan terdaftar dalam elektronik rencana definitif kebutuhan kelompok (e-RDKK).

Adapun pupuk bersubsidi ini diperuntukan bagi petani yang melakukan usaha tani subsektor tanaman pangan seperti padi, jagung, dan kedelai, serta subsektor tanaman hortikultura seperti cabai, bawang merah, dan bawang putih, dan subsektor perkebunan seperti tebu rakyat, kakao, dan kopi.

 

Dari jenis-jenis usaha tani tersebut, ditetapkan bahwa kriteria luas lahan yang diusahakan maksimal 2 hektar termasuk di dalamnya petani yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Pada aturan baru ini, Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) dapat dievaluasi 4 (empat) bulan sekali pada tahun berjalan. Dengan kata lain, petani yang belum mendapatkan alokasi bisa menginput pada proses pendaftaran pada proses evaluasi di tahun berjalan.

 

Penebusan pupuk menggunakan KTP ini dapat dilakukan karena saat ini seluruh kios resmi telah dilengkapi dengan aplikasi i-Pubers (Integrasi Pupuk Bersubsidi). Lewat aplikasi i-Pubers, pemilik kios dapat melakukan verifikasi data melalui pemindaian KTP asli petani sehingga pupuk bersubsidi bisa didapatkan oleh petani yang berhak dengan mudah.

 

“Selaku produsen pupuk, kami berharap adanya penambahan alokasi pupuk apda musim tanam ini, dapat membantu meningkatkan produksi dan percepatan tanam tanpa khawatir ketesediaan pupuk”, tutup Asep.

 

 

***

 

Palembang, 29 Mei 2024

Informasi lebih lanjut :

VP Humas Pusri

Rustam Effendi – 08127378730

Layanan Pelanggan :

Telpon Bebas Pulsa : 08001008001

WhatsApp : 08119918001

Email : [email protected]

 

 

Baca Selengkapnya
news-1

22 May 2024

PETANI DAPAT PENAMBAHAN ALOKASI PUPUK BERSUBSIDI

PALEMBANG – PT Pusri Palembang yang merupakan anggota holding dari PT Pupuk Indonesia (Persero), blusukan ke kios-kios dan distributor yang berada di rayon tanggung jawab Pusri dalam penyaluran pupuk bersubsidi. Hal ini dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan penambahan alokasi pupuk yang telah ditetapkan pemerintah dari sebelumnya 4,7 juta ton menjadi 9,55 juta ton.

 

Pemerintah menambah alokasi pupuk bersubsidi berbagai Provinsi salah satunya Provinsi Jawa Tengah. Alokasi pupuk bersubsidi yang sebelumnya 428.472 ton kini ditambah sebanyak 278.369 ton. Sehingga total alokasi pupuk yaitu 706.841 ton untuk tahun 2024.

 

Sebagai salah satu upaya dalam mendukung hal tersebut, Pusri yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), menggelar Sosialisasi dan Temu Pelanggan kepada petani, pemilik kios, distributor, dan dinas pertanian di Desa Bener, Kecamatan Ngrampal, Jawa Tengah (22/05), yang dihadiri oleh SVP Teknologi Pusri, Alfa Widyawan.

 

Serta dihari yang sama juga dilaksanakan Sosialiasi & Sambung Rasa oleh SVP Teknik & Pengembangan Pusri, Andri Wibawa Syarip di Desa Margo Dadi, Kecamatan Tumi Jajar, Tulang Bawang Barat.

 

Penambahan alokasi subsidi pupuk ini tertuang pada Keputusan Menteri Pertanian (Kepmentan) Nomor 249 Tahun 2024 dan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 01 Tahun 2024 tentang Perubahan atas Permentan Nomor 10 Tahun 2022.

 

Pusri akan terus mendukung proses produksi dan penyaluran pupuk bersubsidi agar dapat berjalan dengan lancar, tepat sasaran, dan mudah ditebus oleh petani terdaftar. ”Pemerintah telah memutuskan untuk menaikkan alokasi kuota pupuk bersubsidi pada tahun anggaran 2024 dari 4,7 juta ton menjadi 9,55 juta ton. Sebagai BUMN yang mengemban mandat untuk menopang ketahanan nasional, Pupuk Indonesia siap memenuhi penambahan alokasi pupuk bersubsidi serta mengawasi proses distribusi dan penebusan yang tepat sasaran hingga pupuk bersubsidi sampai ke tangan petani,” jelas Alfa.

 

Berdasarkan Kepmentan Nomor 249 Tahun 2024, Pemerintah telah menetapkan alokasi subsidi pupuk menjadi 9,55 juta ton. Adapun alokasi subsidi tersebut ditujukan kepada empat jenis, yaitu Urea, NPK, NPK Formula Khusus, dan yang terbaru adalah pupuk Organik. Penambahan alokasi terhadap empat jenis pupuk ini ditetapkan sebesar 4.634.626 ton untuk Urea, 4.278.504 ton untuk NPK, 136.870 ton untuk NPK Formula Khusus, dan pupuk Organik sebesar 500.000 ton.

 

Sejalan dengan penetapan kebijakan Permentan Nomor 01 Tahun 2024 dan Kepmentan Nomor 249 Tahun 2024,  Pupuk Indonesia telah menyiapkan stok pupuk bersubsidi sebesar 1,4 juta ton atau mencapai 224 persen per tanggal 3 Mei 2024.

 

Sementara itu, penambahan alokasi pupuk subsidi bisa dimanfaatkan oleh petani terdaftar atau petani yang memenuhi kriteria sesuai Permentan Nomor 01 Tahun 2024 yaitu tergabung dalam Kelompok Tani dan terdaftar dalam elektronik rencana definitif kebutuhan kelompok (e-RDKK).

 

Adapun pupuk bersubsidi ini diperuntukan bagi petani yang melakukan usaha tani subsektor tanaman pangan seperti padi, jagung, dan kedelai, serta subsektor tanaman hortikultura seperti cabai, bawang merah, dan bawang putih, dan subsektor perkebunan seperti tebu rakyat, kakao, dan kopi.

 

Dari jenis-jenis usaha tani tersebut, ditetapkan bahwa kriteria luas lahan yang diusahakan maksimal 2 hektar termasuk di dalamnya petani yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Pada aturan baru ini, Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) dapat dievaluasi 4 (empat) bulan sekali pada tahun berjalan. Dengan kata lain, petani yang belum mendapatkan alokasi bisa menginput pada proses pendaftaran pada proses evaluasi di tahun berjalan.

 

Penebusan pupuk menggunakan KTP ini dapat dilakukan karena saat ini seluruh kios resmi telah dilengkapi dengan aplikasi i-Pubers (Integrasi Pupuk Bersubsidi). Lewat aplikasi i-Pubers, pemilik kios dapat melakukan verifikasi data melalui pemindaian KTP asli petani sehingga pupuk bersubsidi bisa didapatkan oleh petani yang berhak dengan mudah.

 

“Selaku produsen pupuk, kami berharap adanya penambahan alokasi pupuk apda musim tanam ini, dapat membantu meningkatkan produksi dan percepatan tanam tanpa khawatir ketesediaan pupuk”, tutup Andri Wibawa Syarip.

 

 

***

 

Palembang, 22 Mei 2024

Informasi lebih lanjut :

VP Humas Pusri

Rustam Effendi – 08127378730

Layanan Pelanggan :

Telpon Bebas Pulsa : 08001008001

WhatsApp : 08119918001

Email : [email protected]

 

 

Baca Selengkapnya
Laporan Tata Kelola Info Publik FAQ