HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Tes PT Pusri Dua Gelombang

28 Desember 2007 Sebanyak 11.364 pelamar PT Pusri dinyatakan lulus seleksi administrasi. Besok (23/12), mereka akan mengikuti tes tahap pertama (aptitude test) mencakup potensi dan kompetensi. Pelaksanaan ujian dibagi dua gelombang, dipusatkan di Unsri Bukit Besar.

Penegasan tersebut dikemukakan oleh Zainuddin Nawawi, direktur utama Badan Aplikasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Sriwijaya (Baliteks) Unsri, melalui ketua panitia Didik Susetyo, kemarin. Diketahui, Baliteks merupakan lembaga yang ditunjuk oleh manajemen PT Pusri untuk mengurusi perekrutan 169 karyawan baru.

Menurut Didik, dari 11.364 pelamar sebanyak 1.200 tes di Jakarta. Khusus Palembang, saat ujian peserta dibagi dua gelombang (kelompok). Kelompok A, tes mulai pukul 07.00-11.00 WIB, dan kelompok B pukul 11.00-13.00 WIB.

"Lokasi ujian Bukit Besar kita bagi empat sektor dengan 16 lokasi dan 291 ruang. Jumlah pengawas kita siapkan lebih banyak. Kita juga berharap besok (hari ini, red) para peserta dapat melihat lokasi ujian terlebih dahulu," ungkapnya.

Ia menambahkan, hasil tes tahap pertama sudah dapat diketahui pada 27 Desember. Bisa diakses melalui www.baliteks.org atau melihat melihat pengumuman di Baliteks Unsri.

Nah, bagi yang lulus akan mengikuti tes tahap kedua--tes potensi akademik--pada 29 Desember. "Bagi yang lulus mereka akan mengikuti tes tahap ketiga dan seterusnya (lihat grafis). Yang, jelas perekrutan karyawan PT Pusri ini butuh waktu tiga bulan," katanya lagi.

Didik juga minta para peserta tidak terbujuk oleh rayuan ?oknum? yang menjanjikan dapat membantu lulus tes PT Pusri. "Kita Baliteks menjamin tidak ada yang lulus titipan. Semua objektif dan independen. Tanpa ada tekanan dari pihak mana pun," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, total pelamar PT Pusri yang diterima tim Baliteks mencapai 24.100 orang. Sekitar 40% dinyatakan gugur karena kesalahan dokumen lamaran. Seperti kode lamaran, umur, ijazah atau kualifikasinya tidak ada dan faktor lainnya.(mg13/tambah)