HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Stok Pupuk Urea Aman

05 Desember 2007 Persediaan pupuk urea di gudang PT Pusri cabang Lahat sebanyak 1.826 ton. Stok pupuk tersebut dapat disalurkan hingga Februari 2008.

?Silakan cek sendiri di gudang kami di Jalan Jenderal A Yani Lahat.Dalam waktu dekat ini kami juga akan mendapat kiriman lagi dari gudang pusat di Palembang sebanyak 826 ton,? ujar Kepala Pembantu cabang PT Pusri Kab Lahat Rusdiani Efendi, ditemui SINDO di ruang kerjanya,kemarin. Menurut Rusdiani, pupuk urea tersebut nantinya akan disalurkan ke distributor,koperasi unit desa (KUD), dan agen yang ada di Kab Lahat,Kab Empat Lawang, dan Kota Pagaralam, dengan harga per satu karungnya Rp60.000. ?Satu sak pupuk urea beratnya 50 kg.

Kalau distributor, KUD, dan agen mengambil dari kami harganya Rp57.000. Lalu, mereka menjual di pasaran dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp60.000,? ujarnya. Sedangkan untuk jumlah pendistribusian pupuk ke setiap distributor,KUD,dan agen, ujar dia, tergantung pada permintaan dokumen order (DO) dari pihak yang membutuhkan. ?Contohnya, KUD di Kab Empat Lawang membutuhkan 25 ton pupuk urea, langsung kita kirim ke sana. Begitu pula dengan kebutuhan distributor dan agen untuk para petani,? katanya.

Dia menambahkan,pasokan pupuk ke gudang PT Pusri Lahat selama ini berjalan lancar. Hal itu dapat dilihat dari masuknya setiap hari kendaraan truk pengangkut pupuk urea dari Palembang ke gudang. Dia menjelaskan, selama ini pihaknya selalu memenuhi kebutuhan stok pupuk urea kepada para petani dengan tepat waktu.Jadi,kecil kemungkinan pupuk urea langka di Kab Lahat. ?Gudang kita di Lahat ini berkapasitas 2000 ton. Dalam sebulan bisa masuk ratusan ton, bahkan 1.000 ton stok pupuk ke gudang kita,? katanya.

Dia meminta para petani di Lahat,Empat Lawang,dan Kota Pagaralam agar tetap tenang terkait isu stok pupuk urea bersubsidi milik PT Pusri di stop atau kosong di pasaran. Hal senada disampaikan Kepala Gudang Pembantu PT Pusri Laha Zaifudin, hingga awal 2008 ini, tidak ada masalah untuk stok pupuk urea.Dia menjamin, petani di Kab Lahat, Kab Empat Lawang,dan Kota Pagaralam tidak akan kekurangan pupuk urea. (CR-08)