HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Pupuk Pusri Luncurkan Kapal Angkut Buatan Batam

21 April 2014
Bisnis.com, BATAM - PT Pupuk Sriwidjaya Palembang resmi meluncurkan sebuah kapal angkut yang diproduksi di Kota Batam, Kepulauan Riau. Kapal angkut pupuk yang diresmikan peluncurannya pada Kamis (17/4/2014) itu dibangun oleh PT Anggrek Hitam, salah satu perusahaan galangan yang beroperasi di kawasan Kabil, Batam.

M Romli HM, Direktur SDM dan Umum PT Pupuk Sriwidjaya Palembang saat peluncuran mengungkapkan, pembangunan kapal dilakukan mulai 22 Desember 2012 dan selesai sesuai jadwal atau selama 16 bulan. "Pada tahap awal proses pembangunan kapal, telah dilakukan uji kalkulasi desain kapal bekerjasama dengan LPPM Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya," jelasnya.

Tes yang dilakukan a.l. First Cutting pada 28 Januari 2013 dan Hydrodynamic/Towing Test di Laboratorium Hydrodinamika Jurusan Teknik Perkapalan pada 31 Januari 2013. Sedangkan Keel Laying (Peletakan Lunas) yang ditetapkan menjadi tanggal resmi berdirinya Kapal yang diberi nama PUSRI INDONESIA I itu, yakni pada 22 Maret 2013.

"Sampai dengan hari ini, progres kemajuan proyek pembangunan kapal SPUB (Self Propelled Urea Barge) sudah mencapai 90%," sambungnya. Sedangkan proses Finishing, Commissioning dan Performances Test hingga kapal diserahkan ke Pusri dilakukan usai seremoni Launching (meluncurkan kapal dari darat ke laut).

Editor : Yoseph Pencawan