HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

PT Pusri Akan Membeli Gas dari Medco Energy

26 Desember 2007 PT Pupuk Sriwidjaja berencana membeli gas dari Medco Energy Tbk sebesar 45 juta standar kaki kubik gas per hari atau MMSCFD untuk memenuhi kebutuhan gas mulai tahun 2008. Kontrak dengan Medco dilakukan karena pasokan gas dari PT Pertamina ke PT Pusri tidak cukup.

Direktur Produksi PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Indra Jaya mengemukakan hal itu saat menerima kunjungan kerja Komisi VII DPR di Palembang, Senin (17/12).

Indra mengatakan, perpanjangan kontrak pasokan gas dengan PT Pertamina untuk periode 2008-2013 ditetapkan sebesar 180 MMSCFD. Pasokan gas itu belum mencukupi kebutuhan gas PT Pusri yang mencapai 225 MMSCFD.

Menurut Indra, harga jual gas yang ditawarkan oleh Medco adalah 3,45 dollar AS per juta British thermal unit (MMBTU) dengan eskalasi harga 2,5 persen per tahun untuk masa kontrak 11 tahun.

Indra mengatakan, sebagian besar pabrik PT Pusri merupakan pabrik tua. Tiga dari empat pabrik telah berumur 30-33 tahun. Pihaknya berencana mengganti bahan bakar gas untuk operasional tiga pabrik itu dengan batu bara guna mengurangi ketergantungan pada gas.

Deputy General Manager Rimau Assets Medco Energy Irfan Sidik Dozyn mengatakan, pasokan gas untuk PT Pusri berasal dari wilayah kerja PT Medco EP di Blok South and Central Sumatera Production Sharing Contract.

Pasokan gas pada tahap awal sebesar 45 MMSCFD. Selanjutnya, Medco berencana menambah pasokan gas sebesar 100 MMSCFD pada 2013, tergantung persetujuan dengan Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Migas. (lkt)