HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Pabrik Pupuk Dilarang Naikan Harga

19 Maret 2012 Jombang (beritajatim.com) - Menteri Negara BUMN (Badan Usaha Milik Negara), Dahlan Iskan menginstruksikan pabrik pupuk milik BUMN tidak menaikkan harga. Hal itu terkait rencana kenaikan BBM (Bahan Bakat Minyak) per 1 April mendatang. Karena akan sangat membebani rakyat.

"BBM boleh saja naik. Namun semua yang diproduksi BUMN tidak boleh naik. Saya sudah mengintruksikan ke masing-masing BUMN," kata Dahlan usai mengunjungi Pondok Pesantren Al-Aziziyah, Denanyar, Kabupaten Jombang, Minggu (18/3/2012).

Mantan wartawan ini menjelaskan, dampak kenaikan BBM akan dirasakan semua sektor. Ia juga menyebut bahwa pabrik pupuk tidak akan rugi meski tidak menaikkan harga. "Hanya labanya saja berkurang. BUMN yang memproduksi pupuk tidak akan rugi meski tidak menaikkan harga," ujarnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, kenaikan harga BBM ini tidak dapat dihindari. Pasalnya, kenaikan itu memang terpengaruh oleh harga minyak dunia. Oleh karena itu, Dahlan berharap agar masyarakat tidak bergantung kepada BBM. Ia mengusulkan untuk membuat pabrik mobil dan motor listrik. [suf/but]