HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Kalla: Bangun Pabrik Dekat Sumber Gas

09 Januari 2007 Selain industri keramik, kata Kalla, pabrik pupuk juga diminta untuk membangun pabrik di negara lain yang memiliki cadangan gas. Gas merupakan bahan baku pembuatan pupuk. "PT Pupuk Sriwijaya telah menjajaki pembangunan pabrik di Iran dan Qatar," ujarnya, Jumat (29/12).

Kalla mengatakan, pembangunan pipa gas dari Sumatera ke Jawa akan menambah pasokan gas untuk industri. Selain penyaluran gas melalui pipa, ladang minyak di Cepu yang dikelola ExxonMobil dan Pertamina diharapkan dapat menambah pasokan gas industri di Jawa. "Targetnya pada 2009 Cepu sudah bisa berproduksi," katanya.

Sebelumnya, pemerintah berencana membatalkan penyaluran pipa gas melalui pipa dari Kalimantan Timur ke Jawa Tengah. Pembangunan pipa gas bawah laut tersebut dinilai tidak efisien. Selain itu, cadangan gas di Kalimantan Timur sudah terikat kontrak dengan pembeli di luar negeri dan tidak cukup untuk memenuhi kebuhan gas dalam negeri.

Hingga kini belum ada keputusan resmi dari pemerintah untuk membatalkan proyek pipa gas Kalimantan Timur ke Jawa Tengah. Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) belum memastikan apakah proyek tersebut dilanjutkan atau dibatalkan oleh pemerintah.

SUTARTO | ALI NY