HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

AJAK TAWAKAL DAN KELUARKAN ZAKAT

28 Desember 2017
SUMATERA EKSPRES, PALEMBANG – Kehadiran ulama kondang Ust Abdul Somad Lc MA di Kota Palembang mampu mengumpulkan ribuan umat muslim di metropolis kemarin )27/12). Ciri khasnya yang tegas dan lucu dalam setiap tausiyahnya membuat dia sangat ditunggu. Agendanya pun sangat padat.

Saat tiba di bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, sekitar pukul 12.40 WIB, ustaz asal Pekanbaru, Riau, ini langsung menuju 212 Mart di Jalan Veteran. Ia memberikan sedikit tausiyah dan doa sebagai sesama umat muslim. “Minimarket ini juga merupakan jihad dakwah di bidang ekonomi,” ujarnya didampingi ketu Afpi Sumsel Habib Mahdi.

Menurut Ustaz Abdul Somad, sudah menjadi kewajiban umat muslim untuk memperkuat perekonomian sesamanya. “Mudah-mudahan di dunia dan akhirat,” ungkapnya.

Selanjutnya, sekitar pukul 15.00 WIB, Ustaz Abdul Somad memberikan tausiyah di Masjid Al-Aqobah VII, Jalan Merah Mata, yang sudah dipadati ribuan jamaah hingga di halaman. Kedatangan ustaz kondang ini merupakan bagian dari Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 PT Pusri. Dalam tausiyahnya, Ustaz Abdul Somad mengajak umat muslim untuk memenuhi kewajibannya berzakat. “Zakat itu membersihkan dan menumbuhkan harta,” ungkapnya.

Dikatakannya, zakat harus dikeluarkan. Kalau tidak, zakat itu akan keluar dengan sendirinya. “Melalui apa? Melalui sakit jantung, diabetes, dan lain-lain,” bebernya. Untuk itu Ustaz Abdul Somad mengajak berzakat. Selain zakat, lanjut dia, ada wakaf, infak, dan berikutnya sedekah. “Itu adalah urutannya. In syaAllah jika dilakukan, selamat kita di dunia dan akhirat,” tegasnya.

Selain itu, Ustaz Abdul Somad juga meanjutkan tausiyahnya di masjid Al-Aqobah di Komplek PT Pusri usai sholat maghrib yang juga dihadiri oleh ribuan umat muslim hingga ke halaman. Dalam dakwahnya, Ustaz Abdul Somad mengajak umat muslim menjaga spiritualitas dalam bekerja. “Mari menjaga keseimbangan antara material dan spiritual dalam melaksanakan ibadah, selalu tawakal serta rendah diri. Semua yang dilakukan serahkan kepada Allah.” Terangnya.

Ia juga mengajarkan rangakain ibadah, mulai dari saat berwuduh hingga sholat karena hati dan jiwa harus diisi spiritual dengan Allah. Segala sesuatu yang dikerjakan harus tepat waktu agar hasil yang didapatkan maksimal. Karena agama mengajarkan selalu tepat waktu. “Tidak bisa diganggu gugat dalam semua kegiatan. Termasuk beribadah yang utama,” tandasnya. “Saat mendengar suara azan, segera harus disambut dengan iabdah sholat,” tambahnya.

Sementara itu sekitar pukul 21.00 WIB, Ustaz Abdul Somad melanjutkan memberikan tausiyahnya di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) yang telah dipadati ribuan umat muslim dalam rangka peringatan Maulid Arbain. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Majelis Peduli Umat Rasulullah (Maspuro). (way/uni/bis/ce4)