HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Warga Sungai Selayur Serbu Pasar Murah PT Pusri

17 Juli 2012 SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Ratusan warga memadati Pasar Murah yang digelar PT Pusri Palembang di depan Kantor Lurah Sungai Selayur Palembang, Jumat (13/7/2012).

"Kita dari sebelum jam delapan sudah ke sini. Ada tetangga yang nitip mintanya cepat. Nggak tahunya sudah hampir jam sembilan ini baru datang truk sembakonya," ungkap ibu-ibu berlogat Jawa diantara antrean.

Tidak sedikit ibu-ibu yang sudah tua ikut antrean membeli paket bahan pokok murah ini. Mereka mengaku senang digelarnya kegiatan ini.

"Senang ada pasar murah ini bisa meringankan warga. Apalagi dengan kebutuhan bahan makanan semua pada naik," ujar Suwarti (57), warga RT 20 Kelurahan Sungai Selayur.

PT Pusri Palembang menggelontorkan 9.340 paket kebutuhan bahan pokok dalam kegiatan tersebut.

Manajer PKBL (Program Kemitraan Bina Lingkungan) PT Pusri Palembang, Dasnil Yusar mengatakan, kegiatan pasar murah ini merupakan program Kementerian BUMN yang mengalokasikan untuk wilayah Sumsel pembagiannya sebesar Rp 1,5 M. Dana tersebut terbagi atas untuk Bukit Asam sebesar Rp 700 juta, PT Pusri Palembang sebesar Rp 500 juta, PT Semen Baturaja Rp 200 juta, dan PTAP2 Palembang Rp 100 juta.

PT Pusri Palembang menggelontorkan 9.340 paket bahan pokok murah di empat kelurahan Ring I. Itu meliputi di Kelurahan 1 Ilir sebanyak 2.500 paket, Kelurahan 3 Ilir sebanyak 2.500 paket, Kelurahan Sungai Buah sebanyak 2.170 paket, dan Kelurahan Sungai Selayur sebanyak 2.170 paket.

Paket kebutuhan bahan pokok ini berisikan beras premium kemasan 5 Kg, gula pasir kemasan 1 Kg, minyak goreng Fortune 1 liter. "Per paket itu aslinya seharga Rp 70.500. Di sini 70 persen disubsidi BUMN dan 30 persen warga bayar. Sehingga setiap warga yang datang hanya dengan uang Rp 22 ribu untuk membeli paket murah ini. Artinya Rp 50.500 subsidinya," ujar Dasnil seraya berharap bantuan ini bisa membantu masyarakat.

Armada paket Pasar Murah ini dilepas Dirut PT Pupuk Indonesia Holding Company, Arifin Tasrif disaksikan Dirut PT Pusri Palembang Eko Sunarko, Dirprod Johan Safri, Dir Keuangan dan Komersil Hilman Taufik, Dirtekbang Benny Haryoso, Dirum dan SDM Irwansyah.

Hadir pula Dewan Komisaris seperti Komisaris Utama (Komut) Burhanudin Amin, Ahmad Asyik, Maulana Singadikane, Indra Jaya, Amzulian Rifai.

Dirut PT Pusri Palembang Eko Sunarko mengatakan ini merupakan program Kementerian BUMN dalam rangka partisipasi meringankan masyarakat mendekati puasa. "Ini program Kementerian BUMN dalam rangka partisipasi meringankan masyarakat kalau sekarang ini momennya mendekati puasa. Program ini rutin kita laksanakan sebelum puasa, sebelum lebaran, jelang Natal dan Tahun Baru," ujar Eko Sunarko.

Penulis : Abdul Hafiz
Editor : Soegeng Haryadi