HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Targetkan Produksi 2.080 Juta Ton

22 Desember 2014 PALEMBANG, SRIPO - PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang tetap menaikkan target produksi pada 2015 mendatang, meskipun Pusri mengalami peningkatan beban operasional sekitar 19 persen. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pupuk di 8 provinsi yang menjadi tugas Pusri yakni Banten, DKI, Lampung, Sumsel, Jambi, Bengkulu, dan Bangka Belitung.

"Bahkan untuk tahun 2015 mendatang, kami kan meningkatkn produksi pupuk menjadi 2.080 juta ton dari sebelumnya 2.040 juta ton. Sedangkan, penyaluran pupuk saat ini sudah mencapai hampir 98 persen," ujar Musthofa, Direktur Utama Pusri, saat menggelar jalan sehat dalam rangka ulang tahun Pusri ke-55, Minggu (21/12)

Dikatakan penyaluran pupuk bersubsidi juga berjalan lancar, pihaknya memastikan tidak akan ada kelangkaan. Pada 2014, pihaknya memproduksi 1.338 ribu ton urea bersubsidi, dan pada 2015 mendatang akan ditingkatkan menjadi 1.342 ribu ton.

Sedangkan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, pihaknya melakukan efisiensi anggaran. Efisiensi ini dilakukan dalam rangka untuk mempertahankan kinerja perusahaan. Bentuk efisiensi yang dilakukan diantaranya adalah tidak menggelar perayaan ulang tahun Pusri secara besar-besaran, selain itu kami juga mengurangi aktivitas-aktivitas yang dianggap tidak terlalu penting lainnya. Namun, pihaknya belum melakukan efisiensi karyawan.

"Peningkatan beban yang terjadi ini bukan disebabkan karena kenaikan BBM, karena untuk produksi yang digunakan adalah gas alam. Yang sangat mempengaruhi adalah kenaikan dolar, karena pembayaran gas alam ke Pertamina semuanya menggunakan dolar, untuk itu kami melakukan pengetatan pengawasan dan meningkatkan kualitas produksi," ujarnya. Meskipun ada peningkatan beban operasional ini, pihak juga belum melakukan kenaikan harga pupuk.

Sementara itu, dalam rangka ulang tahun Pusri ke-55, pihaknya menyelenggarakan serangkaian kegiatan sosial. PT Pusri Palembang menggelar kegiatan bakti sosial dan santunan 1000 anak yatim di 30 panti asuhan di Kota Palembang.

"Hari ini adalah kegiatan jalan sehat dengan jumlah peserta sekitar 12 ribu. Dan peserta ini merupakan masyarakat di lingkungan Pusri. Kami mengharapkan masyarakat bisa merasakan kehadiran Pusri dan berguna untuk masyarakat," ujarnya.

Selain memberikan santunan kepada panti asuhan dan jalan sehat bersama pihaknya juga menggelar donor darah, bagi bibit, dan puncak acara akan dilaksanakan pada 24 Desember mendatang.

"Pada upacara ini nanti kami akan menghadirkan semua pelajar yang mendapat bantuan dari Pusri berupa beasiswa, mulai dari pelajar SD hingga perguruan tinggi," ujarnya. (cr5)