HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Tanam Bambu, Tekan Kedangkalan Musi

05 September 2013 Untuk menekan laju kedangkalan Sungai Musi yang kini semakin dangkal berbagai upaya dilakukan. PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) Palembang yang merupakan salah satu BUMN setiap hari melakukan penanaman 1.000 bibit bambu serta 2.000 buah bibit buah-buahan di bantaran Sungai Musi. Kali ini, salah satu lokasi penanaman bambu dilakukan di Rumah Sakit Kusta dr Rivai Abdullah Palembang Mariana Banyuasin kemarin.

Direktur PT Pusri Palembang, Musthopa menjelaskan, dipilih tanaman bambu karena pohon bambu yang rumpun ini bisa menahan erosi, menyerap air hujan hampir 90 persen serta bermanfaat untuk industri kreatif.
“Jadi dengan penanamana pohon bambu ini disetiap bantaran sungai musi dapat mencegah kedangkalan sungaui musi ini. Program ini kita lakukan juga untuk memelihara sungai musi sebagai urat nadi di Sumsel ini,” jelasnya usai penanaman bambu secara simbolis di RS Kusta dr Rivai Abdulah Mariana, Banyuasin,kemarin.

Ditambahkan Musthopa,j ika penanaman pohon bambu di bantaran sungai musi ini akan terus berkelanjutan. Nantinya akan di survey lagi lokasinya dan minimal dalam setahun ada dua kali penanaman pohon bambu.
“Kita berharap dengan upaya ini yang merupakan salah satu program Corporate Sosial Responsibility (CSR) perusahaan kita dapat mendorong masyarakat untuk ikut berperan juga karena bermanfaat untuk mencegah kedangkalan sungai musi,”ungkapnya lagi.

Sementara itu Sekretaris Perusahaan PT Pusri Palembang H Zain Ismed mengaku, jika program penanaman pohon ini merupakan salah satu program CSR perusahaannya dibidang lingkungan. “Dimana nantinya program CSR yang bakal disalurkan sebesar 30 % untuk bina lingkungan,”ungkap Ismed.

Ditambahkannya juga, jika total dana CSR yang bakal disalurkan sebanyak Rp 6 miliar dan baru sekitar 20 persen atau Rp 1,2 miliar yang tersalur. Dana tersebut diperuntukkan untuk bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan.

“Program CSR ini merupakan bentuk kepedulian PT Pusri terhadap sesama. Juga sebagai upaya untuk mendekatkan perusahaan dengan masyarakat maupun lainnya dan tentunya diharapkan bermanfaat,” tandasnya. (ove)