HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Seleksi Beasiswa Mahasiswa Unib dari PT Pusri

13 April 2018
Pusri menggandeng Universitas Bengkulu (Unib) dalam menyalurkan dana CSR dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa Fakultas Pertanian Unib terkhusus anak petani. Tahapan seleksi administrasi sudah dilewati, kemarin (12/4) 15 orang dari 23 orang pendaftar mengikuti seleksi wawancara.

TEDDY SANJAYA, Kota Bengkulu - Program Beasiswa ini sudah dicanangkan sejak tahun 2013 lalu. Sedangkan MoU antara PT. Pusri dengan Unib dimulai sejak 2015 lalu. Unib merupakan universitas kedua se Indonesia yang mendapatkan program beasiswa ini, setelah sebelumnya PT. Pusri memberikan beasiswa anak petani di Universitas Sriwijaya (Unsri). “Program CSR ini pertama kali diterapkan di Unsri. Untuk Unib kita ada MoU dan habis di tahun 2017 dan kita perpanjang ketiga tahun ke depan,” sampai anggota pengelola CSR PT. Pusri Reza Hendrawan. Target beasiswa ini yakni anak petani yang kurang mampu. Terkhusus mahasiswa Unib yang duduk di Fakultas Pertanian.

Pusri sangat identik dengan pertanian, oleh karena itu dipilihlah Fakultas Pertanian sebagai sasaran program yang menyentuh langsung masyarakat ini. “Tentu ada feedbacknya untuk Pusri sendiri. Kita dekat dengan dunia pertanian. Melalui program beasiswa ini kita harapkan dapat membantu mahasiswa anak petani yang kurang mampu menjadi sarjana,” tutur Reza. Dari 15 orang mahasiswa yang mengikuti seleksi wawancara, dipilih hanya 5 orang saja yang beruntung mendapatkan beasiswa tersebut.

Beasiswa PT. Pusri berbentuk pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa dari semester awal hingga semester delapan atau akhir. Persyaratan paling penting yakni IPK harus 3,00. “Jika ditengah jalan mahasiswa penerima beasiswa ini mendapat IPK dibawah 3 maka akan didiskualifikasi,” kata Reza. Setelah tes wawancara, timnya akan melakukan survei langsung ke rumah calon penerima beasiswa. Tidak hanya itu, perbulannya mahasiswa yang menerima beasiswa ini akan diberikan uang transport.
 
Wakil Dekan (Wadek) Fakultas Pertanian Bidang Kemahawiswaan, Heri Dwi Putranto, S.Pt, M,Sc, Ph.D berharap mahasiswa yang menerima menjadi contoh dan panutan yang baik. Selain itu juga di tahun depan kuota pengalokasian beasiswa diharapkan dapat meningkat dari tahun sebelumnya. “Univeristas kita nomor dua yang mendapatkan beasiswa ini. Tentunya menambah nilai tersendiri dari penilian PT Pusri ini. kita harapkan ke depan kuota penerima bisa bertambah, dari yang dialokasikan sebanyak lima orang kita harapkan bertambah sampai 10 orang,” terang Heri. (**)

Artikel ini telah terbit di : http://harianrakyatbengkulu.com/ver3/2018/04/13/seleksi-beasiswa-mahasiswa-unib-dari-pt-pusri/ Diakses tanggal 13 April 2018 Pukul 15.00 WIB