HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Pusri Utamakan Lulusan Sumsel

12 Nopember 2012 PALEMBANG – PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) Palembang kembali melakukan rekrutmen pegawai sebanyak 204 orang untuk tiga formasi penerimaan. Bahkan, khusus formasi lulusan D-1 dan SMA, Pusri mewajibkan pendaftar memiliki ijazah lulusan sekolah di Sumsel.

Rekrutmen dibuka pada 31 Oktober sampai 6 November secara online dan dengan sistem gugur. Sama seperti tahun sebelumnya,untuk menyeleksi pegawai yang benar benar berkualitas, Pusri menggandeng Pusat Pelayanan Jasa Ketenagakerjaan (PPJK) Unsri sebagai konsultan utama,selain lembaga bahasa dan pihak psikologi Unsri. “Ini upaya kami menciptakan seleksi yang transparan biar tak ada omongan lagi di belakang, kalau mau jadi karyawan Pusri itu harus pakai orang dalam.

Makanya,kami pakai pihak ketiga,”kata General Manager SDM PT Pusri Palembang Ade Firdaus di Kantor PPJK Unsri, Bukit Besar, kemarin. Selain menciptakan proses rekrutmen yang bersih dan transparan,kerja sama ini juga bertujuan menjaring pegawai yang benar-benar sesuai kebutuhan PT Pusri. Soalnya,dengan menggandeng PPJK secara online, pendaftar akan langsung dipilah secara otomatis menggunakan sistem gugur.

Rekrutmen ini dilakukan untuk mengisi kebutuhan sekitar 240 karyawan yang segera memasuki masa pensiun pada 2012 ini. Adapun formasi penerimaan yang dibuka tahun ini untuk Strata 1 (S-1) sebanyak 20 orang, yakni dari lulusan Teknik Kimia,Teknik Mesin,Teknik Elektro, Teknik Industri, Manajemen Keuangan, Agribisnis, Ilmu Komunikasi, dan Komunikasi Visual.

Sedangkan untuk D-3,formasi penerimaan dibuka untuk lulusan Teknik Mesin,Teknik Elektro,Teknik Elektronika, Teknik Instrumentasi, Teknik Komputer, Teknik Sipil, Analisa Kimia, Keselamatan Kerja, Akuntansi, Asuransi Kerugian, dan Administrasi. Sementara, untuk formasi SMA, penerimaan dibuka untuk sembilan jurusan, di antaranya komputer, desain grafis, automotif, listrik, sipil, keahlian dan pengalaman CNC, pengalaman operator crane, serta pengalaman rigger 2.

“Walaupun dia orang Sumsel, tapi kalau sekolahnya di luar tidak bisa. Khusus yang SMA, kami ingin mengutamakan orang Sumsel. Kalau S-1 dan D-3, iya rekrutmennya nasional,” kata Ade. Karena melibatkan pihak ketiga, Ade memastikan, pihaknya tidak akan ikut campur tangan dalam tahapan proses penerimaan, kecuali wawancara terakhir. Setiap peserta yang lolos seleksi administrasi online, selanjutnya dapat mengikuti seleksi berikutnya.

Tes lanjutan itu meliputi tes aptitude atau dikenal sebagai tes psikometri (kemampuan), dilanjutkan dengan tes psikologi, kesehatan, serta wawancara akhir. “Untuk tes aptitude, rencananya 25 November, itu meliputi tes TPA dan TOEFL,serta keahlian. Pengumumannya mudah-mudahan akhir Desember,” kata Ade. Sebelum melakukan rekrutmen pegawai secara terbuka ini, Pusri telah lebih dulu melakukan rekrutmen dengan cara beasiswa sebanyak 2 orang, dan road show 32 orang.

Jadi, total karyawan baru yang direkrut pada 2012 mencapai 204 pegawai. Sementara itu, Kepala PPJK Unsri Zainuddin Nawawi mengatakan, belajar dari tahun sebelumnya, pendaftar Pusri selalu membludak dari tahun ke tahun. Salah satu pemicunya tak lain adalah kesejahteraan pegawai yang ditawarkan.

Untuk itu, pihaknya sudah mengantisipasi lokasi ujian dengan memanfaatkan semua kampus yang ada di Unsri Bukit Besar,Palembang. “Kalau tahun lalu sekitar 13.000 pendaftar, tahun ini mungkin tidak akan jauh beda. Semua registrasi dilakukan secara online,namun berkas dikirim via PO BOX PG 8888 Palembang 30000,”tandasnya. (komalasari)