HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Pusri Resmi Beroperasi Pasca Spin Off

05 Januari 2011 PALEMBANG: PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang per 1 Januari 2011 resmi beroperasi setelah pisah (spin off) dari induknya PT Pusri (Persero) melalui proses restrukturisasi yang dilakukan kementerian BUMN.

Anggota Dewan Komisaris PT Pusri (Persero) Adolf Warouw mengatakan tugas yang dijabat oleh Arifin. S Tasrif dialihkan kepada Eko Sunarko yang sebelumnya menjabat sebagai direktur keuangan PT Pupuk Kaltim.

Dengan resminya Pusri beroperasi dan terpisah dari induknya, terjadi pengalihan pemilikan aset. Selain itu, juga pengalihan tugas dan tanggung jawab pengelolaan perusahaan PT Pusri.

"PT Pusri Palembang ini merupakan hasil spin off dari PT Pusri Persero atau holding dan PT Pusri Palembang saat ini menjadi anak perusahaan, dengan tujuan untuk peningkatan kinerja dan peningkatan value perusahaan," ujarnya seusai serah terima jabatan jajaran direksi Pusri, akhir pekan ini.

Dia menyebutkan restrukturisasi melalui spin off di Pusri sudah rampung. Induk perusahaan Pusri akan menjadi operating holding, sementara Pusri anak perusahaan menjadi Pusri Palembang yang berdiri sendiri.

Adolf menambahkan dengan perubahan bentuk operating holding menjadi holding, PT Pusri (Persero) akan lebih fokus dalam pengelolaan sinergi operasional korporasi di antara sesama anak perusahaan terutama dalam bidang produksi dan pemasaran.

Adapun, di bawah Pusri (Persero) ada lima perusahaan produsen pupuk yaitu PT Petrokimia Gresik (Petrogres), PT Pupuk Kujang, PT Pupuk Kaltim (PKT), PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) dan PT Pusri Palembang, serta dua perusahaan nonprodusen pupuk, PT Rekayasa Industri dan PT Mega Eltra.(yn) Irwan Wahyudi