HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Pupuk Pusri-Jordania Kerja Sama Bangun Pabrik

12 Juli 2010 TEMPO Interaktif, Jakarta -PT. Pupuk Sriwidjaja menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Jordan Phosphates Mines Corp pada (9/7). Perusahaan asal Jordania tersebut akan menyediakan bahan baku fosfat dan bersama Pusri membangun pabrik pupuk NPK dalam sebuah joint venture.

CEO Jordan Phosphate Mines Walid Kurdi mengatakan, rencananya empat sampai lima pabrik pupuk NPK akan dibangun secara bertahap. Masing-masing pabrik dengan kapasitas antara 250 ribu sampai 300 ribu ton. "Antara dua sampai tiga tahun mendatang diperkirakan produksinya akan mencapai lebih dari satu juta ton," katanya.

Direktur Utama PT. Pusri Dadang Heru Kodri berharap Pusri akan menjadi pemilik mayoritas dari pabrik yang akan dibangun. "Biasanya kita inginnya mayoritas tapi itu bagian dari perundingan," katanya.

Dengan kata lain Pusri berniat menjadi pemilik 51 persen saham di pabrik yang akan dibangun nantinya, meskipun soal kepemilikan masih akan dibahas di perundingan berikutnya.

Dadang mengatakan, sumber pendanaan untuk kerjasama ini berasal dari Pusri. Ia memperkirakan nilai investasi yang diperlukan untuk pembangunan satu pabrik sekitar Rp 600 miliar dolar.

"Kalau soal uang pusri tidak masalah tapi nilainya akan bergantung pada apakah tiga proyek akan kita selesaikan atau apakah satu proyek dulu. Semuanya tergantung pada gap kebutuhan nasional yang harus diisi," jelasnya.