HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Pupuk Dengan Sentuhan TI

02 Nopember 2009 Masalah Utama dalam industri Pupuk adalah distribusi. Untuk mengatasinya, Pusri melakukan beberapa inovasi TI, seperti aplikasi host to host dengan pihak ketiga dibidang pemasaran pupuk bersubsidi.

Teknologi Informasi memiliki peran yang sangat penting di perusahaan pupuk PT.Pupuk Sriwidjaja (Pusri). Ia berfungsi menjamin kelancaran proses bisnis BUMN di bidang pupuk ini. Beberapa proses bisnis utama di perusahaan yang memiliki 31 anak usaha ini memperoleh sentuhan TI, yaitu keuangan, logistik, pemeliharaan, pemasaran dan distribusi, dan SDM.

Manajemen Pusri pun menggagas beberapa inovasi TI dan saat ini telah berjalan. Inovasi itu antara lain adalah, pertama, aplikasi host to host dengan pihak ketiga dalam bidang pemasaran pupuk bersubsidi. Kedua, penerapan open sources dalam infrastruktur dan aplikasi perkantoran. Ketiga, proses dan akses data melalui handphone. Inovasi ini membuat manajemen Pusri mampu memonitor stok pupuk melalui website dan memperoleh akses informasi tentang produksi dan cash management melalui handphone.
Masalah utama dalam industri pupuk adalah distribusi, sehinga ketika distribusinya bermasalah , maka terjadi kelangkaan. Melalui mobile technology, hal ini dapat diminimalisir. Dengan berbagai inisiatif itu, TI berkontribusi dalam peningkatan pendapatan dan laba Pusri.

Sumber : “Warta Ekonomi” Fajar Adrianto & Nurhifen Kania