HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Jaga Stabilitas Harga Pangan, Anak Perusahaan Pusri Ini Bantu Bulog Jual Beras Medium ke Masyarakat

16 Juli 2018
SUMSELTERKINI.ID, Palembang – PT. Kopsri, salah satu anak perusahaan milik PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri ) Palembang membantu Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Sumatera Selatan dalam menjual beras medium di Sumatera Selatan (Sumsel).

Suhardi, Direktur PT Kopsri mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu program pemerintah pusat, yang dikenal dengan Gerakan Stabilitas Harga Pangan melalui Kementrian BUMN bekerjasama dengan Bulog dan PT Pupuk Indonesia dan Polri.

“PT Pupuk Indonesia memberi penugasan kepada anak perusahaannya, seperti di Palembang  Kopsri sebagai perpanjangan tangan Pusri untuk menyalurkan beras medium kepada masyarakat,”ungkapnya, saat dihubungi, Senin (16/7/2018).

Menurut dia dampaknya sangat positif,  masyarakat sangat terbantu dengan adanya  program tersebut, karena dengan kondisi harga pangan yang terus meranjak naik, masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) masih mampu membeli beras dengan harga yang terjangkau dengan Harga Eceran Tertinggi (HET).

Dia menambahkan beras  yang dijual tersebut beras medium yang layak jual ke masyarakat yang diperoleh dari Bulog. Harga jual ke masyarakat sebesar Rp8.950 per kg, dan masih murah dari harga dipasaran.

“Kami optimistis  Gerakan Stabilitas Harga Pangan yang dilakukan pemerintah melalui Kementrian BUMN, Bulog, PT Pupuk Indonesia, Pusri dan Polri dapat berjalan baik, dana masyarakat sangat antusias dengan program tersebut,”ungkapnya. Suhardi menjelaskan sebelum Idul Fitri hingga kini,  Kopsri  telah merealisasikan penjualan beras medium 88 ton.

Untuk sementara, katanya penyaluran beras medium tersebut masih seputar  Kota Palembang, seperti, Senin, 16/7/2018) Kopsri manyalurkan beras di Kelurahan Kalidoni dan 3 Ilir. “Setelah menguasai Pasar Palembang, rencananya kami akan mengembangkan pemasaran hingg keseluruh Kabupaten/kota di Sumsel,”urainya. Dia menjelaskan penugaskan untuk memasarkan beras tersebut hingga akhir tahun ini sebanyak 13.000 ton.

Suhardi mengakui memang masih ada kendala untuk memasarkan beras medium. Salah satunya di daerah sentra produksi di Sumsel, seperti Belitang, Banyuasin, dan Musirawas masih panen padi sehingga stok pangan masih tersedia. 

“Mudah-mudah target yang ditugaskan Pusri ke Kopsri untuk mendukung program gerakan stabilitas pangan dari pemerintah bisa berjalan. Terlebih saat musim kemarau, karena  saat itu petani tidak menanam padi lagi,”terangnya. Namun paparnya, program dari pemerintah pusat tersebut bukan dilihat dari kuatum atau jumlahnya, namun bagaimana dapat menjaga stabilitas harga pangan diseluruh Indonesia terutama di Sumsel. Apalagi menurutnya lagi gerakan stabilitas pangan dari pemerintah Kopsri tidak berjalan sendiri, melainkan dibantu juga oleh 239 agen bank dan ritel, baik dari Bank Mandiri, BRI dan BNI.[one]

Artikel diakses di : https://sumselterkini.id/agribisnis/jaga-stabilitas-harga-pangan-anak-perusahaan-pusri-ini-bantu-bulog-jual-beras-medium-ke-masyarakat/