HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Gedung ?Terbakar? Ratusan Karyawan PT Pusri Panik

18 Nopember 2008 Kepanikan melanda ratusan karyawan PT Pusri di Jalan Mayor Zen, Senin (17/11) kemarin. Pasalnya,secara tiba-tiba muncul asap tebal dan api yang semakin membesar di gedung utama PT Pusri.

Asap putih tipis mulai terlihat muncul di lantai III dan IV sekitar pukul 08.45 WIB.Dalam hitungan detik, asap tersebut semakin tebal diikuti jilatan api yang membesar.Anggota satuan pengamanan (satpam) gedung utama yang mengetahui kejadian tersebut segera menyalakan alarm dan mengevakuasi seluruh karyawan yang berada di dalam gedung. Namun, karena api cepat membesar, sejumlah karyawan yang berada di lantai atas tidak sempat turun melalui tangga darurat karena terhalang asap tebal.

Karyawan yang terjebak lalu berusaha menyelamatkan diri dengan melompat keluar melalui jendela, tapi niat mereka dihalangi rekan-rekannya yang berada di bawah. Beruntung, dalam hitungan menit petugas safety telah tiba di lokasi kejadian.Tanpa menunda waktu lagi, petugas kesehatan dan keselamatan kerja (K3) PT Pusri segera memasang berbagai sarana penyelamatan, seperti tangga darurat,chute escape,serta oriro.

Berlomba dengan waktu, para petugas K3 berupaya sekuat tenaga untuk mengeakuasi karyawan yang terjebak tersebut. Suasana semakin histeris ketika karyawan yang terjebak hendak dievakuasi petugas. Sebab, kondisi tiga orang korban yang ditemukan di dalam gedung terlihat parah.

Masing-masing korban mengalami luka bakar tingkat satu, patah tulang, dan pingsan disertai luka ringan, yang segera dilarikan ke UGD RS Pusri. Adapun karyawan yang mengalami luka ringan dan lecet ketika proses evakuasi berlangsung mendapat perawatan di Pos P3K lapangan yang didirikan petugas K3 PT Pusri. Berkat kerja keras petugas, api yang melahap lantai III dan IV yang diduga berasal dari hubungan arus pendek listrik itu pun berhasil dipadamkan.

Namun melalui radio telekomunikasinya, asisten manajer K3 memerintahkan regu P3K dan petugas safetymenyisir seluruh lantai untuk menemukan korban lainyangmungkin masih terjebak.Setelah 15 menit melakukan pencarian, akhirnya gedung dinyatakan clear & safe. Peristiwa di atas merupakan bagian dari skenario latihan penanggulangan kebakaran dan evakuasi di perkantoran gedung utama PT Pusri pada 2008.

Simulasi tersebut digelar untuk mengukur kesiapan kerja sama dan koordinasi antarunit kerja yang terkait dalam penanggulangan keadaan darurat di gedung utama PT Pusri. ?Selain memantapkan koordinasiantarunit, kegiatanini juga sebagai sarana mengukur kesiapan personel K3 dan peralatan komunikasi serta pendukung lainnya selama keadaan darurat berlangsung,? ujar AsistenManajerK3 PT Pusri Troy Mega Putra seusai simulasi kemarin.

Menurut Troy, peralatan yang dimiliki Unit K3 PT Pusri sudah memenuhi standar.Saat ini, Unit K3 PT Pusri memiliki 2 mobil ambulans, 1 mobil fire rescue, 1 mobil fire ladder truck,3 mobil komando, serta sarana pendukung lainnya. Menurut Troy, simulasi penanganan keadaan darurat di gedung lebih ringan jika dibandingkan harus menanganikeadaanyangsamadi pabrik. Oleh karenanya, kesiapan mental maupun fisik para petugas K3 harus siap setiap saat.

?Peristiwa seperti ini kan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Untuk itu, kami lakukan simulasi ini untuk memberi gambaran kepada petugas mengenai apa yang harus mereka lakukan kalau kelak menghadapi situasi seperti ini,?tandasnya. Sementara itu, Manajer Hukum dan Humas PT Pusri Maria Hazairin mengatakan, kegiatan yang dilakukan Pusri kali ini dilihat secara langsung oleh perwakilan dari perusahaan produsen pupuk Indonesia.

Mereka yang hadir adalah perwakilan dari PT Pupuk Kaltim,PT Petrokimia Gresik, dan PT Pupuk Kujang.Menurut Maria, kehadiran observeritu sebagai salah satu langkah menyamakan persepsi mengenai penanganan keadaan darurat dan prosedural K3 di perusahaan pupuk.