HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Delapan ABK KM Ayu Diselamatkan ABK Pusri

02 Mei 2013 Palembang, (Antara Sumbar) - Sebanyak delapan anak buah kapal atau ABK Kapal Motor Ayu 128 LCT yang mengalami musibah akibat dihantam ombak besar di Laut Jawa, Rabu pagi, diselamatkan ABK KM Sultan Mahmud Badaruddin II milik PT Pupuk Sriwidjaja.

Kedelapan ABK KM Ayu tersebut dalam kondisi sehat dan diamanan di kapal pengangkut pupuk itu yang sedang dalam pelayaran dari Gresik Surabaya, Jawa Timur menuju Palembang, Sumatera Selatan, kata Manajer Hubungan Masyarakat PT Pupuk Sriwidjaja (PT Pusri) Sulfa Ganie kepada Antara di Palembang, Rabu sore.

Dijelaskannya, kapal PT Pusri KM Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II pada Rabu (1/5) sekitar pukul 05.12 waktu setempat dalam pelayaran dari Gresik Surabaya menuju dermaga kantor pusat pabrik pupuk urea di perairan Sungai Musi Palembang.

Dalam pelayaran tersebut pada posisi di laut Jawa lokasi LS 05-16.513 dan BT 109-52.350 melihat delapan orang mengapung di laut dan membutuhkan pertolongan.

Melihat adanya orang yang membutuhkan pertolongan, Nakhoda menugaskan ABK KM SMB II melakukan evakuasi terhadap orang tersebut yang belakangan diketahui ABK KM Ayu 128 LCT yang mengalami musibah akibat dihantam ombak besar dalam pelayaran menuju Mamuju.

Evakuasi korban kecelakaan kapal itu berlangsung sekitar satu jam, dan semua korban yang terlihat di laut Jawa membutuhkan pertolongan bisa diselamatkan semuanya serta telah dilakukan upaya pemulihan kesehatan oleh ABK kapal Pusri.
Seluruh korban kecelakaan kapal tersebut akan dibawa ke Palembang sesuai dengan rute atau jalur pelayaran kapal.

Kapal pengangkut pupuk PT Pusri yang membawa para korban kecelakaan kapal di laut Jawa itu, diperkirakan tiba di dermaga Pusri Palembag pada Kamis (2/5) sekitar pukul 15.00 WIB.
Setibanya di Kota Palembang, para korban KM Ayu akan dibantu pemeriksaaan kesehatannya di rumah sakit PT Psuri sebelum dipulangkan ke daerah asal mereka masing-masing, ujar Sulfa. (*/jno)