HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Bangun Pabrik, Pusri Butuh Ratusan Karyawan Baru

10 September 2013 TEMPO.CO, Palembang - Pembangunan pabrik baru PT Pupuk Sriwidjaja IIB telah memasuki tahap konstruksi. Pabrik senilai US$ 561 juta ini ditargetkan selesai pada 2015 mendatang. Sebagai salah satu persiapan perseroan untuk meningkatkan produksi dan daya saing usaha, saat ini PT Pusri tengah mengincar 164 tenaga muda untuk ditempatkan di area pabrik yang terletak di Jalan Mayor Zen itu.

Sekretaris perusahaan PT Pusri Palembang, Zain Ismed, menjelaskan, pihaknya meyakini pabrik baru dapat meningkatkan produktivitas usaha. Pabrik baru diharapkan dapat menambah angka produksi hingga 2.000 ton amoniak per hari dan 2.750 ton urea per hari. Makanya, sebagai persiapan menjelang pengoperasian pabrik itu, perseroan akan melakukan regenerasi karyawan yang masuk usia pensiun dan penambahan di pos-pos lainnya. "Pabrik baru akan membutuhkan banyak tenaga," kata M. Zain Ismed, Senin, 9 September 2013.

Selain untuk operasional pabrik IIB, penambahan karyawan merupakan salah satu langkah untuk menutupi kepergian karyawan yang sudah masuk usia pensiun. Menurut Zain, saat ini PT Pusri memiliki karyawan sekitar 2.506 orang. "Tiga puluh delapan persen karyawan berusia di atas 50 tahun," ujar Zain Ismed.

Proses penerimaan karyawan baru PT Pusri Palembang dilakukan oleh Pusat Pelayanan Jasa Ketenagakerjaan (PPJK) Universitas Sriwijaya.

Kepala PPJK (Pusat Pelayanan Jasa Ketenagakerjaan) Universitas Sriwijaya, Zainuddin Nawawi, menjelaskan bahwa pihaknya mendapatkan tugas untuk mencari tenaga muda yang berkualitas dari berbagai disiplin ilmu. Menurut dia, PT Pusri membutuhkan tenaga dari 12 disiplin ilmu bagi tamatan strata satu, 13 disiplin ilmu dari tamatan D-3, dan 10 jurusan dan keahlian bagi tamatan SLTA.

Dia menjelaskan, masa registrasi akan ditutup pada 14 September mendatang. "Targetnya, akhir Oktober ini, Pusri sudah punya tenaga baru," kata Zainuddin. Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, dia memperkirakan akan terdapat sekitar 10 ribu pelamar dari seluruh Indonesia yang akan mencoba peruntungan bersama PT Pusri.

Pabrik Pusri IIB terletak di area pabrik lama di Jalan Mayor Zen, Palembang. Pabrik tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 6,012 hektare. Sementara itu, pengerjaannya akan dilakukan oleh konsorsium PT Rekayasa Indusri dan Toyo Engineering Corporation. Pabrik ini diklaim hemat energi dan ramah lingkungan.