HALO PUSRI 0800-12-000-11
Press Release

PUSRI Gandeng UNIB : Alih Teknologi Pengolahan Bambu

25 Mei 2016
pic3F5E1AACDA33E0D39E5513DC45C02B39.jpg

OGAN ILIR – Sesuai roadmap program CSR unggulan PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang Serumpun Bambu Sejuta Berkah, makapada hari ini (25/5), Manager Humas Pusri Sulfa Ganie membuka secara resmi kegiatan alih teknologi pengolahan bambu yang diperuntukan bagi santri-santri di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah. Ponpes Al-Ittifaqiah merupakan mitra Pusri dalam pelaksanaan program penanaman 1000 bibit bambu.

 

Program penanaman bambu telah dirintis sejak akhir tahun 2013. Secara khusus Pusri memillih bambu karena tanaman ini merupakan komoditas strategis yang memiliki peluang untuk dikembangkan secara komersial di Indonesia. Sejauh ini, bambu masih diperoleh secara tradisional dari dalam hutan tanpa ada budidaya secara massal. Padahal, bambu dapat diolah menjadi berbagai jenis produk yang bernilai ekonomi tinggi dan dibutuhkan di pasar nasional dan internasional.

 

Di tahun 2014, Pusri dan Ponpes Al-Ittifaqiah telah menandatangani nota kesepahaman kerja sama Corporate Social Responsibility (CSR) dibidang lingkungan hidup. Santri Al-Ittifaqiah secara rutin menanam dan memilihara bibit bambu yang disediakan Pusri. Ponpes sendiri memiliki lahan kosong seluas 43 hektar yang belum dimanfaatkan.

 

Dalam melakukan transfer keahlian ini, Pusri menggandeng Dosen dan Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu, antara lain Guru Besar Fakultas Pertanian UNIB Prof.Dr. Dwinardi Apriyanto, Dr. Nanik Nuryatin dan Dr. Ir. Bandi Hermawan, M.Sc. Metode yang akan digunakan dalam pelatihan ini adalah kombinasi antara penjelasan teoritik (transfer of knowledge) dan pengasahan keterampilan praktis (transfer of softskill). Ada dua kelompok peserta yang akan diberi pelatihan. Untuk pendekatan pertama, yakni penjelasan teoritik, akan diberikan kepada para guru dan tokoh masyarakat, sedangkan pelatihan keterampilan lebih diutamakan bagi peserta didik atau santri.

 

Pada akhirnya tujuan utama dari kegiatan CSR Serumpun Bambu Sejuta Berkah ini adalah agar mampu mendorong kemandirian masyarakat menuju kehidupan madani dan melahirkan santri-santri yang sukses dunia akhirat, sejalan dengan makna luhur keberadaan PT Pusri untuk kemandirian pangan dan kehidupan yang lebih baik.