HALO PUSRI 0800-12-000-11
Press Release

Pusri Dukung Program Replanting Perkebunan Karet dan Sawit di Musi Banyuasin

13 Maret 2018
pic4FA3CB71CB90B816988D6BF8EF9087DE.jpg
Musi Banyuasin – Pusri  bekerjasama dengan Dinas Perkebunan dan Dinas Pertanian serta Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menindaklanjuti hasil audiensi pada akhir tahun 2017 untuk  mendukung  terlaksananya  Program  Replanting  Perkebunan  Karet  &  Sawit   Selasa (13/3). 


Dukungan yang diberikan oleh Pusri untuk mensukseskan program replanting  perkebunan karet & sawit dengan menyediakan produk komersil  dan inovasi. Pupuk komersil merupakan produk pupuk non subsidi jenis urea dan NPK yang dijual dalam  kemasan  1 kg, 5 kg,  10 kg,  25 kg  dan  50 kg, sehingga praktis  dan memudahkan proses  distribusi dan aplikasi ke tanaman.

Sedangkan produk inovasi adalah produk hasil riset Pusri  yang merupakan nutrisi pelengkap dan bertujuan untuk meningkatkan hasil panen. Adapun  produk  hasil  riset  Pusri  diantaranya  Pupuk  Hayati  “Bioripah”  dan  Pupuk  Hara  Mikro  “Nutremag”.  Selain  keempat produk  yang telah  disebutkan tadi, Pusri  juga memiliki  pupuk organik cair  “Pusri Organik Cair”  yang bermanfaat dalam mengefisiensikan  penyerapan unsur hara dalam tanah.

Dukungan lain yang diberikan oleh Pusri adalah turut serta aktif Bersama PPL setempat dalam melakukan kawalan teknologi kepada petani melalui Mantri Tani dan Klinik  Tani.  Kehadiran  Mantri  Tani  di  Musi  Banyuasin  bertujuan  untuk  menjawab  berbagai  permasalahan pertanian yang timbul di lapangan. Melalui Mantri Tani nantinya petani dapat  berkonsultasi tentang segala persoalan pertanian, edukasi budidaya tanaman, pemupukan berimbang dan hama/penyakit tanaman. Selain itu Mantri Tani juga dibekali peralatan uji tanah  untuk  memberikan  pelayanan  pengujian  tanah  dan  penentuan  dosis  pemupukan  optimal  untuk mendukung peningkatan produktivitas tanaman secara cuma-cuma.

Selain Mantri Tani dan Klinik Tani secara  simbolis juga diresmikan kerjasama demplot karet dan sawit antara Pusri  dengan Dinas Perkebunan Kabupaten Musi Banyuasin. Total luas lahan kerjasama demplot tersebut adalah 4 hektar yang terbagi masing-masing 1 hektar demplot karet yang dilaksanakan di Desa Babat Supat dan Babat Toman. Sedangkan demplot sawit akan dilaksanakan di Sungai Lilin dan Keluang.

Mantri Tani dan Klinik Tani di Musi Banyuasin  diresmikan oleh GM Distribusi & Pemasaran Syarif Usman dan dihadiri oleh plt. Bupati Musi Banyuasin, Kepala Dinas Perkebunan Musi Banyuasin, Manajemen PT Pusri Palembang, PPL se-Kabupaten Musi Banyuasin serta para distributor, pengecer dan petani di Kabupaten Musi Banyuasin.