HALO PUSRI 0800-12-000-11
Press Release

Pusri dan PUR PLSO Unsri Garap Lahan di Pemulutan

22 September 2017
pic175EE2C59CF7E3DE0218193E6625C8B1.jpg
PT Pusri Palembang jalin kerjasama dengan Lembaga Pusat Unggulan Riset - Pengembangan Lahan Sub Optimal Universitas Sriwijaya (PUR-PLSO UNSRI) guna membina para petani di Desa Pelabuhan Dalam Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir. Pembinaan dilaksanakan dengan mengadakan demonstrasi plot (demplot) yang bertujuan untuk memberikan edukasi tentang cara pemanfaatan lahan sub optimal untuk pertanian khususnya padi agar memberikan hasil yang maksimal.

Pembinaan demplot seluas + 30 Hektar perlu dilakukan karena mayoritas lahan di wilayah Sumatera Selatan adalah lahan rawa pasang surut yang membutuhkan perlakuan khusus jika hendak digunakan untuk bertani. Adapun materi yang diberikan berupa cara pengolahan lahan, cara pemupukan sesuai dosis anjuran dan yang tidak kalah penting adalah perubahan metode penanaman dari tabela ke jajar legowo. Program demplot ini seluruhnya menggunakan produk-produk unggulan PT Pusri Palembang antara lain Urea Pusri, NPK Pusri, Pupuk Hayati Bioripah, Pusri Organik Cair dan Biopestisida B-Verin.

Hasil kerjasama demplot tersebut dipanen bersama-sama pada hari Kamis (21/9) yang turut dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan & Hortikultura Prov Sumsel, Kepala Dinas Pertanian Kota Palembang, Kepala Balai Pengawasan & Sertifikasi Benih Prov Sumsel, Dekan Fakultas Pertanian UNSRI, Kepala Pusat Unggulan Riset Pengembangan Lahan Sub Optimal UNSRI, Manager Rendal Pemasaran, Manager Penjualan PSO Wil I, Area Manager Sumatera Selatan dan jajaran  internal Pusri lainnya.

Selain program demplot, PT Pusri Palembang dan PUR-PLSO UNSRI juga telah melakukan kerjasama dengan Balai Pengawasan & Setifikasi Benih Sumsel dalam hal penangkaran benih padi. Nantinya benih padi hasil penangkaran petani yang dinyatakan lulus sertifikasi akan dijual dengan merk Pusri Seed.