HALO PUSRI 0800-12-000-11
Press Release

GP3K Tahap II Bergulir di Lampung

21 September 2011 Sebagai salah satu komitmen perusahaan untuk mendukung ketahanan pangan nasional, PT Pusri Palembang kembali mengucurkan dana program Gerakan Peningkatan Produksi Pangan berbasis Korporasi (GP3K) di Propinsi Lampung (6/9). Bantuan diberikan kepada kepada 13 kelompok tani dari Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur. Total bantuan yang disalurkan senilai Rp.319.000.000 untuk 350 Ha lahan.



Pemberian bantuan secara langsung diserahkan oleh Area Manajer Pusri Pemasaran Daerah (PPD) Lampung Hairul Lizano didampingi oleh perwakilan manajemen dari Departemen KUK & Bina Lingkungan Drs. SBH Silaban, dan disaksikan Ketua DPRD Kota Bandar Lampung Chaidir Budiman AS. Penerima bantuan adalah pengecer pupuk Mitra Tani dari Desa Adiluhur dan Lestari Jaya, pengecer di Desa Benteng Sari. Selanjutnya pengecer akan menyalurkan dana bantuan tersebut ke kelompok tani yang berada di daerahnya, dengan total jumlah petani 275 orang.

Melalui program ini Hairul berharap agar produktivitas hasil pertanian Lampung semakin meningkat, sehingga mampu menaikkan produksi pangan nasional. Turut hadir pada acara tersebut Perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Lampung, Kepala BP4K Kabupaten Lampung Timur Bpk Khairul Amri, Perwakilan Petani/ Kelompok Tani, Distributor Lampung Timur, serta Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di wilayah yang mendapat bantuan.

Program GP3K merupakan program bantuan dengan menyalurkan dana bergulir dengan bunga pinjaman sebesar 3 persen per enam bulan. Sesuai instruksi Menteri BUMN PT Pusri Palembang ditugaskan menyalurkan dana untuk lahan seluas 15.000 hektare di dua wilayah, Sumatera Selatan dan Lampung.

Pada bulan Agustus lalu, propinsi Lampung telah menerima dana bantuan GP3K dari PT Pusri Palembang senilai Rp.440.000.000,-. Bantuan tersebut telah disalurkan kepada pengecer Lancar Tani dan Sahabat Tani dari Desa Breja Emas dan Desa Breja Fajar, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur dengan total luas lahan sebesar 187,5 hektar.

Lokasi pertama :
Pengecer        : Mitra Tani
Desa                : Adiluhur
Kecamatan     : Jabung
Kabupaten      : Lampung Timur
Komoditas      : Padi Sawah
Nilai Bantuan : Rp. 151.500.000,-

Lokasi kedua :
Pengecer         : Lestari Jaya
Desa                 : Benteng Sari
Kecamatan      : Jabung
Kabupaten       : Lampung Timur
Komoditas       : Padi Sawah
Nilai Bantuan   : Rp. 167.500.000,-