HALO PUSRI 0800-12-000-11
Mass Media

Pusri Minta Pemerintah Perhatikan Harga Gas

March 24 ,2016 SLEMAN (KRjogja.com) - PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) tengah mengalami kendala harga bahan baku gas alam yang harganya cenderung mengalami kenaikan setiap tahun. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Perusahaan PT Pusri M Zain Ismed dalam media gathering di kawasan Sleman, Sabtu (19/3/2016).

Zain mengatakan saat ini pihaknya tengah mengalami kesulitan membeli bahan baku gas yang selama ini menjadi bahan baku dengan presentase hingga 70 persen dari total produksi. Pasalnya, saat ini harga gas harus dibeli dengan nominal Dollar AS yang saat ini harganya cukup tinggi.

"Hal ini tentu saja sangat menyulitkan kami sebagai pelaku industri pupuk di mana bahan baku terbesar kami yakni gas alam. Saat ini harga gas dunia turun namun di Indonesia malah naik, ini menyulitkan sekali untuk kami di Pusri," ungkapnya.

Saat ini harga gas alam di Indonesia mencapai 6-8 dollar AS per MMbtu. "Sangat jauh dari di Amerika yang hanya kisaran 3 dollar per MMBtu seiring ditemukannya bahan bakar baru shale gas," imbuhnya. Pusri mengharapkan pemerintah segera mengambil tindakan atas keadaan yang dirasa menjepit posisi industri pupuk nasional. (M-1)