HALO PUSRI 0800-12-000-11
Mass Media

PUSRI Kembangkan Benih Jagung Unggulan Varietas Bima 16

December 18 ,2014
pic1E34DC5954851383C280B158179BFEEE.jpg

Bisnis.com, PALEMBANG -- PT Pupuk Sriwidjaja Palembang mulai mengembangkan benih unggulan seiring dengan misi perusahaan untuk memproduksi dan memasarkan produk agribisnis.

Salah satu benih unggulan yang dikembangkan perseroan, yaitu benih jagung varietas Bima 16 yang merupakan benih asli hibrida (F1).

Direktur Teknik & Pengembangan Pusri Benny Haryoso mengatakan pengembangan benih dengan merek dagang Pusri Seed itu juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan petani di Sumsel.

"Selama ini, petani jagung Sumsel mendapat benih dari luar, seperti dari Pulau Jawa. Pengembangan benih yang kami lakukan juga untuk memudahkan petani jagung di sini," katanya saat launching Pusri Seed dan penyerahan 1.000 bibit hortikultura, Rabu (17/12/2014).

Apalagi, lanjut Benny, petani sulit mendapat benih asli hibrida karena tergolong sulit dan langka, sehingga banyak petani yang menggunakan benih turunan (F2 atau F3) yang produktivitasnya rendah.

Pusri Seed itu sendiri  dikembangkan di Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin. Ke depannya, perseroan akan membuat demplot khusus varietas Bima 16 sehingga dapat meningkatkan produktivitas dari tanaman jagung petani.

Menurut dia, Pusri Seed Bima 16 memiliki beberapa keunggulan, salah satunya tahan terhadap penyakit dan memiliki produktivitas yang tinggi.

"Varietas ini telah diuji multilokasi dan menunjukkan rata-rata produktivitas 10,9 ton per hektare. Bima 16 bahkan berpotensi menghasilkan jagung hingga 12,4 ton per ha," paparnya.

Benny menambahkan perusahaan menargetkan Sumsel dapat swasembada jagung dalam kurun 3 tahun mendatang. "Sebetulnya selain jagung, kami sudah mengembangkan benih cabai, padi dan sawit," lanjutnya.

Dalam peluncuran Pusri Seed, direksi juga melakukan penanaman pohon di area green barrier Pusri.

sumber: http://industri.bisnis.com
Dinda Wulandari