HALO PUSRI 0800-12-000-11
Mass Media

Musim Tanam Dimulai, Pusri Jamin Stok Pupuk Urea Kebumen Aman

November 13 ,2018
Kebumen,(kebumen.sorot.co)--PT Pupuk Sriwijaya Palembang (Pusri) Kebumen memastikan jika stok pupuk Urea aman untuk musim tanam kali ini. Dengan demikian, kelangkaan pupuk jenis Urea tidak mungkin terjadi. Apabila terjadi kelangkaan seharusnya bukan jenis pupuk Urea.

Plt Kepala Gudang Pupuk Pusri Kebumen Ridho Hardian, mengatakan stok pupuk Urea untuk setiap musim tanam sebanyak sekitr 5 ribu ton pupuk. Sedangkan pupuk yang masih terdapat di gudang Pusri di Gombong 4.100 ton. Sedangkan pupuk lainnya telah terdistribusi kepada penyalur Pusri.

"Pusri khusus untuk pupuk urea baik pupuk subsidi maupun non subsidi. Sedangkan pupuk lainya seperti SP3 bukan bagian Pusri," ungkapnya, Selasa (13/11/2018).

Dijelaskannya, Kebumen sendiri terdapat enam distributor pupuk yaitu CV Enggal Tani Petanahan, CV Karya Baru Gombong, CV Warga Tani Kebumen, CV Tunggal Jaya Gombong, CV LM Kebumen dan PT T2MP Kebumen. Distributor tersebut yang dapat mengambil pupuk di gudang Pusri untuk disalurkan.

"Harga pupuk subsidi kisaran Rp 1.800 perkilogram. Namun dilapangan bisa saja berubah, terkait adanya cost angkutan dan lain-lain," katanya.

Menurutnya, jika sampai terjadi kelangkaan pupuk di masyarakat, maka perlu dipastikan dulu jenis pupuk yang langka. Hal itu untuk mengetahui pihak mana yang berkompeten untuk menanggapi adanya kelangkaan. Sedangkan pupuk bersubsidi yang ditangani Pusri hanya jenis Urea.

"Terkadang saat terjadi kelangkaan tiba-tiba ada yang menghubungi, padahal jenis pupuk yang langka bukan Urea. Tentu ini bukan menjadi kewenangan Pusri," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, Pusri memproduksi pupuk di Palembang dalam kondisi curah. Adapun pengemasan pupuk tersebut salah satunya dilakukan di Kabupaten Cilacap. Usai pengemasan, pupuk akan didistribusikan ke gudang salah satunya di Kebumen.

"Dari gudang, pupuk akan diambil oleh para distributor, yang kemudian didistribusikan ke Kios Pupuk Lengkap (KPL) dan kemudian didistribusikan ke petani," katanya.

oleh : lukman-hakim
http://kebumen.sorot.co/berita-4813-musim-tanam-dimulai-pusri-jamin-stok-pupuk-urea-kebumen-aman.html