HALO PUSRI 0800-12-000-11
Press Release

Pusri-Ponpes Al-Ittifaqiah Jalin Kerjasama Tanam 1000 Bambu

November 12 ,2014

OGAN ILIRSerumpun Bambu Sejuta Berkah merupakan Program CSR Unggulan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri) sebagai wujud “Pusri Peduli Lingkungan” melalui aksi penanam bambu dan tanaman penghijauan. Sesuai dengan visi dan misi CSR Pusri yang salah satunya ikut membantu program pemerintah “Go Green” yaitu mewujudkan penanaman 1000 pohon bambu.


Penanaman 1000 bibit bambu tersebut dilakukan bekerja sama dengan Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah. Pada tahap awal rencana ditanam 300 bibit, dan telah mulai dilakukan sejak tanggal 19 September 2014 lalu dengan melibatkan santri ponpes. Al-Ittifaqiah sendiri memiliki lahan kosong seluas 43 hektar dengan kondisi tandus. Untuk itu Pusri berinisiatif memanfaatkan lahan tersebut untuk ditanami pohon bambu dan tanaman penghijauan lainnya (pohon trembesi).


Maka pada hari ini Direktur Utama PT Pusri Ir. Musthofa bersama Ketua Yayasan Islam Al-Ittifaqiah Drs.K.H.Syamsul Bahri Har menandatangani Kesepakatan Bersama (MoU) tentang kerja sama pelaksanaan program CSR Bidang Lingkungan (12/11). 'Ponpes Al-Ittifaqiah menyediakan lahan, kami akan menyediakan bibit dan biaya pemeliharaan bambu sampai dengan siap di panen. Menjelang panen nanti, kami akan lakukan pembinaan dan pemberdayaan bagi masyarakat sekitar Ponpes, serta akan dibuatkan pelatihan-pelatihan khusus pemanfaatan bambu, agar dapat membuka lapangan kerja dan
income bagi masyarakat”, ujar Dirut Pusri.


Bambu menjadi tanaman pilihan Pusri karena bambu memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Jenis bambu yang dipilih Pusri merupakan jenis kualitas unggul yang dapat dimanfaatkan untuk perabotan rumah tangga dan industri. Nilai jual bambu ke luar negeri terutama di pasar Eropa, Amerika, dan Asia termasuk tinggi, yaitu antara Rp100.000-150.000,- per batang. Pemeliharaan bambu pun tidak terlalu lama. Bila pohon kayu pada umumnya membutuhkan waktu 50 – 100 tahun untuk siap panen, maka bambu hanya membutuhkan waktu 5 tahun saja.


Pada akhirnya tujuan utama dari kegiatan CSR penanaman bambu ini adalah untuk kemandirian pangan menuju masyarakat madani dan santriwan-santriwati yang sukses dunia akhirat, sejalan dengan makna luhur keberadaan PT Pusri untuk kemandirian pangan dan kehidupan yang lebih baik.