HALO PUSRI 0800-12-000-11
Press Release

Lagi: Pusri Tanam Bambu di Bantaran Sungai Musi

December 11 ,2013
PT Pusri Palembang kembali melaksanakan penanaman bambu dan tanaman penghijauan sebagai kelanjutan program CSR bidang lingkungan “Serumpun Bambu Sejuta Berkah” dilahan  tanggul  tepi  Sungai  Musi  kawasan  Dusun  II  Balai  Makmur  Desa  Merah  Mata Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin (11/12).

Hadir  dalam  acara  tersebut  Direktur  Utama,  Musthofa,  Camat  Banyuasin  I  Bapak  Drs. Hasanul  Haq,  BLH  Provinsi  Sumsel,  Muspida  dan  Muspika  serta  jajaran  Direksi  dan Manajemen PT Pupuk Sriwdjaja Palembang.

Sebanyak 500 bibit tanaman dari jenis bambu petung serta bibit tanaman penghijauan dan buah-buahan seperti  Manggis, Jabon, Ketapang, Gaharu dan Salam ditanam pada lahan sepanjang 1700 m yang berada di pinggir Sungai Musi.

Kegiatan  penanaman  pohon  ditujukan  sebagai  program  ekologi  dan  pemberdayaan terhadap masyarakat  dimana pohon yang telah ditanam akan dipelihara  dan diharapkan tumbuh  terjaga  sebagai  upaya  pelestarian  lingkungan  serta  dapat  dimanfaattkan  untuk meningkatkan  kesejahteraan masyarakat.

Filosofi  bambu  yang  dekat  dengan  masyarakat  Indonesia,  sejak  jaman  penjajahan digunakan sebagai  senjata  perjuangan melawan penjajah serta  manfaat  yang dihasilkan sangat beragam menjadi alasan dipilihnya tanaman bambu sebagai tanaman utama dalam program CSR PT Pusri Palembang.

Selain itu manfaat jangka panjang yang paling utama dari bambu adalah kemampuan akar bambu dalam mengikat tanah serta meningkatkan debit air. Seperti diketahui bahwa Sungai Musi yang menjadi urat nadi Palembang kian mengalami pendangkalan dan pinggirannya banyak terkikis. Diharapkan nantinya akar dari pohon bambu yang tumbuh dapat menjadi pengikat tanah sehingga lahan pinggiran sungai tidak terkikis dan dapat menambah debit air sungai. 


Palembang, 11  Desember 2013
Humas Pusri