HALO PUSRI 0800-12-000-11
Standar Etika Usaha

Etika Perusahaan Dengan Karyawan

PT Pupuk Sriwidjaja Palembang menyadari peran penting karyawan sebagai pelaku dalam upaya mewujudkan visi dan misi perusahaan serta dalam menghadapi tantangan yang semakin kompetitif. Oleh karena itu PT Pupuk Sriwidjaja Palembang senantiasa berupaya untuk menajamkan fokus dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia serta senantiasa menjaga keselarasan dan keseimbangan hubungan dinamis antara Perusahaan dan Karyawan. Dalam melaksanakan etika ini, Perusahaan menerapkan praktik-praktik sebagai berikut :
  1. Karyawan diperlakukan secara adil dan bebas dari bias karena perbedaan suku, asal-usul, jenis kelamin, agama, dan asal kelahiran.
  2. Karyawan memperoleh kondisi kerja yang baik dan aman.
  3. Karyawan dibebaskan dari segala bentuk kemungkinan yang membahayakan demi keselamatan dan kesehatan di tempat kerja.
  4. Karyawan berhak untuk memilih apakah akan diwakili secara kolektif atau tidak oleh suatu kelompok serikat pekerja yang representatif.
  5. Karyawan berhak untuk menikmati keuntungan riil  karena peningkatan kinerja sesuai dengan skema remunerasi yang berlaku.
  6. Karyawan memperoleh kesempatan untuk mengikuti pendidikan, pelatihan dan pengembangan lebih lanjut yang sejalan dengan kompetensi dan kebutuhan usaha perusahaan.
  7. Karyawan didorong dan memperoleh peluang untuk dan dalam mengembangkan jiwa kreatif dan dalam berinovasi.

Etika Perusahaan Dengan Konsumen

PT Pupuk Sriwidjaja Palembang mengutamakan kepuasankonsumen secara profesional melalui peningkatan standar mutu produk dan pelayanan sesuai dengan prinsip 6 (enam) Tepat, yaitu Tepat Waktu, Tepat Mutu, Tepat Harga, Tepat Jumlah, Tepat Tempat dan Tepat Jenis.


Etika Perusahaan Dengan Pesaing

PT Pupuk Sriwidjaja Palembang mendukung sepenuhnya pemberlakuan struktur pasar industri pupuk dan petrokimia yang dicirikan dengan adanya multi-buyers dan multi-sellers atau pasar yang sepenuhnya kompetitif untuk mendorong terciptanya daya saing perusahaan, dengan cara :
  1. Mendefinisikan posisi pesaing dan menempatkan pesaing sebagai pemacu peningkatan kinerja perusahaan.
  2. Melakukan persaingan yang sehat dengan mengutamakan kualitas produk dan pelayanan.
  3. Tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan monopoli dan persaingan bisnis yang tidak sehat.

Etika Perusahaan Dengan Penyedia Barang Dan Jasa

PT Pupuk Sriwidjaja Palembang mengedepankan prinsip Good Corporate Governance (GCG) yaitu kewajaran, transparansi, dan akuntabilitas dalam pelaksanaan penyediaan barang dan jasa, dengan jalan :
  1. Menetapkan penyedia barang dan jasa tidak hanya berdasarkan pertimbangan harga, tetapi juga kualitas yang sesuai dengan kebutuhan,  waktu yang tepat sesuai kesepakatan, dan kelangsungan hubungan usaha jangka panjang.
  2. Memperhatikan kelaziman berusaha yang saling menguntungkan semua pihak serta pemberlakuan sanksi dan penyelesaian perselisihan berdasarkan surat perjanjian dan sesuai dengan ketentuan perusahaan yang berlaku.
  3. Bertindak adil terhadap semua penyedia barang dan jasa, tanpa memihak pada seseorang, golongan atau pihak tertentu.
  4. Membangun komunikasi dan membina hubungan baik dengan penyedia barang dan jasa sebagai bagian dari market & competitor intelligent.
  5. Menerapkan teknologi informasi pengadaan barang  dan jasa untuk meminimalisasi tindak kecurangan (fraud).

Etika Perusahaan Dengan Mitra Kerja

PT Pupuk Sriwidjaja Palembang senantiasa memandang  Mitra Kerja sebagai partner strategis, oleh karena itu pengelolaan kerjasama tidak terlepas dari prinsip GCG dan dilakukan sesuai dengan praktik bisnis yang berlaku, antara lain :
  1. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan, terpenuhinya hak & kewajiban semua pihak sesuai persyaratan yang telah ditetapkan/disepakati serta menjaga citra atau brand image PT Pupuk Sriwidjaja Palembang.
  2. Mengusahakan tercapainya hasil terbaik dan optimal sesuai dengan prosedur yang berlaku.
  3. Membangun komunikasi yang intensif dengan Mitra  Kerja dalam rangka koordinasi dan pencapaian solusi terbaik untuk penyelesaian perselisihan.
  4. Bertindak adil terhadap semua Mitra Kerja, tanpa memihak pada seseorang, golongan atau pihak tertentu.

Etika Perusahaan Dengan Kreditur/Investor

PT Pupuk Sriwidjaja Palembang melakukan kerjasama dengan kreditur/investor hanya ditujukan untuk kepentingan bisnis dan peningkatan nilai tambah Perusahaan dengan cara :
  1. Memberikan informasi yang aktual, prospektif, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan bagi calon kreditur/investor.
  2. Mengedepankan aspek kredibilitas dan bonafiditas serta legalitas yang dapat dipertanggungjawabkan dalam pemilihan kreditur/investor.
  3. Membuat perjanjian yang sah atas pinjaman/penanaman modal dengan mengedepankan prinsip kewajaran (fairness).
  4. Meningkatkan kepercayaan kreditur/investor dengan cara memberikan laporan secara terbuka tentang penggunaan dana pinjaman.
  5. Menjajaki peluang bisnis dengan kreditur/investor untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan yang didasarkan pada peraturan perundangan dan prinsip-prinsip integritas dan akuntabilitas.

Etika Perusahaan Dengan Pemerintah

PT Pupuk Sriwidjaja Palembang dalam menjalin hubungan dengan Pemerintah, mempunyai kebijakan antara lain :
  1. Mematuhi peraturan dan perundang-undangan yang berlaku yang terkait dengan usaha dan status perusahaan.
  2. Mengembangkan hubungan baik serta komunikasi efektif dengan setiap jajaran pemerintah dalam batas toleransi sesuai dengan peraturan perusahaan dan hukum yang berlaku, dan memelihara hubungan tersebut sebagai hubungan yang bersifat arms-length dan harus dihindari terjadinya penyelewengan.

Etika Perusahaan Dengan Masyarakat

PT Pupuk Sriwidjaja Palembang menyadari peran penting masyarakat terhadap kelangsungan proses bisnis perusahaan. Oleh karena  itu perusahaan senantiasa mewujudkan sinergi dengan jalan :
  1. Saling menghormati hak dan kewajiban serta menjalin hubungan baik berdasarkan prinsip hidup saling berdampingan dan saling menguntungkan.
  2. Meminimalkan potensi konflik melalui dialog dengan wakil masyarakat untuk mencapai kesepahaman bersama serta tercipta hubungan yang kondusif.
  3. Senantiasa mampu beradaptasi dengan perkembangan nilai-nilai luhur budaya masyarakat sekitar.
  4. Mengupayakan komitmen jangka panjang terhadap masyarakat sekitar sehingga tatanan sosial dan ekonomi masyarakat akan terlindungi dan apabila mungkin ditingkatkan sepanjang keberadaan operasional perusahaan di tempat tersebut dan sesudahnya.
  5. Mengembangkan sensitivitas, kepekaan perusahaan  terhadap kondisi masyarakat dalam rangka fungsi PSO Perusahaan.

Etika Perusahaan Dengan Media Massa

PT Pupuk Sriwidjaja Palembang bermitra dengan media massa untuk membangun citra perusahaan dengan jalan :
  1. Melakukan promosi melalui media massa.
  2. Mengundang media massa untuk meliput acara perusahaan jika diperlukan.
  3. Menindaklanjuti kritik-kritik yang disampaikan melalui media massa dengan tetap memperhatikan aspek risiko.
  4. Membina hubungan baik dan sekaligus menyampaikan informasi perkembangan perusahaan dengan media massa melalui silaturahmi ke kantor media massa, press release dan dapat menyelenggarakan ajang penghargaan jurnalistik.
  5. Memperhatikan catatan-catatan dan saran media yang sejauh mungkin relevan dengan perlunya langkah penyesuaian oleh Perusahaan.
  6. Memperhatikan kebijakan nasional untuk kebebasan informasi publik sesuai UU nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, sebagaimana diatur dalam peraturan pelaksanaannya dan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi Perusahaan.

Etika Perusahaan Dengan Asosiasi Profesi

PT Pupuk Sriwidjaja Palembang menjalin sinergi berkelanjutan dengan asosiasi profesi untuk kepentingan pengembangan usaha dan peluang bisnis, serta penyelesaian masalah yang terjadi dengan tetap memperhatikan :
  1. Standar-standar yang ditetapkan asosiasi profesi.
  2. Kesetaraan perlakuan terhadap asosiasi profesi.
  3. Memperhatikan dan mempelajari pengembangan sistem baru baik sistem industri maupun sistem bisnis yang dapat menjadi referensi bagi Perusahaan.