HALO PUSRI 0800-12-000-11
Sekilas Pedoman Etika Usaha & Tata Perilaku

Pengertian

PT Pupuk Sriwidjaja Palembang sebagai salah satu produsen pupuk nasional senantiasa berkomitmen untuk melaksanakan praktik-praktik  Good Corporate Governance  (GCG) atau Tata Kelola Perusahaan Yang Baik dalam setiap  langkah-langkah untuk mencapai Visi dan melaksanakan Misi Perusahaan dalam berbisnis, antara lain dalam pelaksanaan tugas Pemerintah sebagai  Public Service Obligation  (PSO) untuk penyediaan pupuk bersubsidi. Perwujudan dari komitmen tersebut dituangkan dalam Pedoman Etika Usaha dan Tata Perilaku (Code of Conduct) PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, yang memuat visi dan misi, nilai-nilai perusahaan, makna perusahaan dan panduan perilaku yang kemudian sangat diharapkan menjadi budaya perusahaan.


Tujuan Etika Usaha & Tata Perilaku

Adapun tujuan dari penerapan Etika Usaha dan Tata Perilaku (Code of Conduct) adalah :
  1. Mendorong budaya kerja perusahaan yang lebih baik serta dapat meningkatkan nilai Perusahaan dengan prinsip GCG.
  2. Menjadi acuan segenap insan PT Pupuk Sriwidjaja  Palembang dalam menjalankan proses bisnis perusahaan dan berinteraksi dengan stakeholders.

Visi & Misi PT Pupuk Sriwidjaja Palembang

Visi:
"Menjadi Perusahaan Pupuk Terkemuka Tingkat Regional"

Misi:
"Memproduksi serta memasarkan pupuk dan produk agrobisnis secara efisien, berkualitas prima dan memuaskan pelanggan"


Tata Nilai PT Pupuk Sriwidjaja Palembang

Tata Nilai:
  1. Integritas
  2. Profesional
  3. Fokus Pada Pelanggan
  4. Loyalitas
  5. Baik Sangka

Makna PT Pupuk Sriwidjaja Palembang

"Pusri Untuk Kemandirian Pangan dan Kehidupan Yang Lebih Baik"


Istilah Penting

Dalam Etika Usaha dan Tata Perilaku (Code of Conduct) ini yang dimaksud dengan:
  1. Asosiasi Profesi adalah himpunan individu, kelompok, badan usaha berdasarkan keahlian profesi atau jenis usaha.
  2. Benturan kepentingan adalah keadaan di mana seorang insan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang mempunyai kepentingan selain kepentingan  perusahaan sehingga mempengaruhi pengambilan keputusan dan mengakibatkan perusahaan tidak mendapatkan hasil terbaik.
  3. Etika adalah sekumpulan norma atau nilai yang tidak tertulis yang diyakini oleh suatu kelompok masyarakat sebagai suatu standar perilaku kelompok tersebut.
  4. Good Corporate Governance adalah komitmen, aturan main dan praktik penyelenggaraan bisnis yang sehat dan beretika.
  5. Insan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang adalah Komisaris beserta perangkatnya (Sekretaris Dewan komisaris, Komite Komisaris, Tenaga Ahli Komisaris), Direksi dan Karyawan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang.
  6. Konsumen adalah pemakai produk Pupuk dan produk samping lainnya PT Pupuk Sriwidjaja Palembang.
  7. Karyawan adalah karyawan organik PT Pupuk Sriwidjaja Palembang.
  8. Mitra Kerja adalah mitra perusahaan seperti mitra perkapalan, distributor, pengecer, Kerja Sama Operasional (KSO), produsen pupuk, dan mitra kerja lainnya.
  9. Penyedia barang/jasa adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan barang dan jasa bagi PT Pupuk Sriwidjaja Palembang.
  10. Perusahaan adalah PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, kecuali dalam konteks kalimat tertentu mempunyai arti perusahaan yang umum.
  11. Tim GCG  adalah Tim yang dibentuk oleh Direksi untuk memantau efektivitas pelaksanaan Good Corporate Governance di perusahaan.