HALO PUSRI 0800-12-000-11
Penerapan & Penegakan

Organisasi

  1. Komisaris bertanggung jawab atas dipatuhinya Etika Usaha dan Tata Perilaku (Code of Conduct) di lingkungan Perusahaan.
  2. Direksi bertanggung jawab atas penerapan Etika  Usaha dan Tata Perilaku (Code of Conduct) di lingkungan Perusahaan dibantu oleh Sekretaris  Perusahaan, SPI, dan Tim GCG.
  3. Sekretaris Perusahaan/General Manager/Kepala SPI, Manager dan setingkat Manager bertanggung jawab atas penerapan Etika Usaha dan Tata Perilaku (Code of Conduct) di lingkungan unit kerjanya masing-masing.
  4. Direksi menunjuk Tim GCG  beserta perangkatnya (yang akan diatur secara tersendiri) yang bertanggung jawab untuk melaporkan pelanggaran terhadap pelaksanaan Etika Usaha dan Tata Perilaku (Code of Conduct).
  5. Setiap insan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang menerima satu salinan Etika Usaha dan Tata Perilaku (Code of Conduct) dan menandatangani formulir pernyataan bahwa yang bersangkutan telah menerima, memahami dan setuju untuk mematuhi Etika Usaha dan Tata Perilaku (Code of Conduct) yang didokumentasikan oleh fungsi SDM atau fungsi yang ditunjuk.
  6. Formulir pernyataan harus diperbaharui dan ditandatangani kembali setiap tahun oleh setiap insan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang.

Penegakan Etika Usaha dan Tata Perilaku (Code of Conduct)

Menurut tanggung jawab dalam lingkungan kerja Perusahaan dilakukan pengawasan sehari-hari secara berjenjang. Dan atas indikasi pelanggaran oleh atasan langsung yang bersangkutan disampaikan laporan kepada unit kerja  yang berwenang. Ada konsekuensi apabila atasan yang bersangkutan tidak melaporkan pelanggaran bawahannya tersebut.

Setiap insan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang maupun pihak yang berkepentingan dapat menyampaikan laporan/pengaduan mengenai dugaan pelanggaran code of conduct dan/atau pelanggaran atas tindakan-tindakan yang termasuk kedalam ruang lingkup pengelolaan pengaduan (whistle blowing).

Yang bersangkutan dapat melaporkan/mengadukan dugaan pelanggaran tersebut dengan menyampaikan surat tertulis, fax, sms, atau melalui web aplikasi pengaduan yang disediakan khusus oleh perusahaan untuk kepentingan tersebut. Sarana/media pengaduan tersebut tidak dimaksudkan sebagai mekanisme untuk menyampaikan kebutuhan pribadi

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan:
  1. Yang bersangkutan harus mengungkapkan identitasnya dengan jelas.
  2. Tidak ada hukuman yang dijatuhkan kepada pihak pelapor manakala pelanggaran tersebut benar terjadi, kecuali apabila yang bersangkutan juga terlibat dalam pelanggaran code of conduct ini.
  3. Apabila pelanggaran tersebut benar terjadi dan pihak pelapor tidak terlibat di dalamnya, maka pihak pelapor dapat diberikan penghargaan yang sesuai.
  4. Perusahaan menjamin kerahasiaan data pelapor atau informasi lainnya dari semua pelapor dan menjamin perlindungan bagi pelapor atas:
    • Dihilangkannya/ditunda hak-hak/sanksi kepegawaian,dan/atau
    • Diskriminasi, tekanan-tekanan dalam bentuk fisik/psikis, dan/atau
    • Tindakan-tindakan lainnya sebagai response (tindakan yang bersifat pembalasan) dari manajemen dan pihak terlapor atas pelaporan dan pengaduan yang dilakukannya.
  5. Kerahasiaan pelapor akan dijaga kecuali apabila pengungkapan tersebut:
    • Yang bersangkutan menyetujui pengungkapan data/informasi tersebut dalam rangka kepentingan pelaksanaan pemeriksaan.
    • Diperlukan dalam kaitan dengan laporan atau penyidikan yang dilakukan oleh aparat penegak hukum.
    • Sejalan dengan kepentingan perusahaan dan sejalan dengan kepentingan code of conduct ini.
    • Diperlukan oleh unit kerja Hukum atau unit kerja terkait untuk mempertahankan posisi perusahaan dihadapan hukum.


Sosialisasi dan Internalisasi

  1. Tim GCG  atau pimpinan unit kerja terkait yang ditunjuk, bertugas untuk melaksanakan sosialisasi dan internalisasi Pedoman  Etika Usaha dan Tata Perilaku (Code of Conduct) kepada seluruh insan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang.
  2. Setiap insan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang dapatmeminta penjelasan atau menyampaikan pertanyaan terkait dengan Pedoman Etika Usaha dan Tata Perilaku (Code of Conduct) kepada atasan langsung atau kepada Tim GCG.

Pembaruan/Revisi Pedoman Etika Usaha dan Tata Perilaku (Code of Conduct)

  1. Setiap insan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang dapatmemberikan masukan untuk penyempurnaan Code of Conduct kepada Tim GCG.
  2. Tim GCG  mengusulkan pembaruan/revisi Pedoman Etika Usaha dan Tata Perilaku (Code of Conduct) kepada Direksi.
  3. Direksi mengajukan pembaruan/revisi Pedoman Etika Usaha dan Tata Perilaku (Code of Conduct) untuk ditetapkan bersama Komisaris.

Ketentuan, Peraturan, Prosedur dan Petunjuk Pelaksanaan Perusahaan

Dalam rangka pelaksanaan Pedoman Etika Usaha dan Tata Perilaku, jika terkait dengan ketentuan, peraturan, Prosedur Operasional Baku (POB) dan petunjuk pelaksanaan (Juklak) Perusahaan, maka harus mengikuti ketentuan, peraturan, prosedur operasional baku dan petunjuk pelaksanaan yang terkait.