HALO PUSRI 0800-12-000-11
Standar Pelayanan Minimal

STANDAR PELAYANAN MINIMAL BIDANG PUPUK SUBSIDI

 

  1. Acuan Kebijakan Alokasi, Harga Eceran Tertinggi (HET), Pengadaan dan Penyaluran
    1. Peraturan Menteri Perdagangan dan Peraturan Menteri Pertanian yang dijabarkan oleh Peraturan Gubernur dan Peraturan Bupati/Walikota yang berlaku.
    2. Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) dan Rencana Jangka Panjang (RJP) Perusahaan yang berlaku.
  2. Pelaksanaan Penyaluran Pupuk PSO
    1. Dilakukan dengan menunjuk Distributor dengan wilayah tanggung jawab yang ditetapkan oleh PT Pusri Palembang dan diikat dengan Surat Perjanjian Jual Beli (SPJB). Distributor menunjuk Pengecer atas persetujuan PT Pusri Palembang dan tertuang dalam SPJB.
    2. Dilakukan dengan penyaluran langsung kepada Pengecer dan/atau Petani dan/atau Kelompok Tani di Lini IV apabila penyaluran oleh Distributor dan/atau Pengecer tidak berjalan lancar.
    3. Dilaksanakan dengan prinsip 6 (enam) tepat sebagai berikut :
      1. Tepat Jumlah
      2. Tepat Tempat
      3. Tepat Jenis
      4. Tepat Harga
      5. Tepat Mutu
      6. Tepat Waktu
  3. Cara Pembayaran
    1. Dilakukan secara tunai.
    2. Dilakukan secara kredit dalam kondisi tertentu dan atas persetujuan Direksi PT Pusri Palembang.
  4. Proses Penebusan Pupuk Subsidi
    1. Melalui sistem penebusan online yaitu sistem Web Commerce dan SAP.
    2. Melalui sistem manual apabila sistem online terkendala.

 

  1. A.    STANDAR PELAYANAN MINIMAL BIDANG PUPUK KOMERSIL
  2. Acuan Rencana Penjualan Komersil
    1. Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) dan Rencana Jangka Panjang (RJP) Perusahaan yang berlaku.
    2. Evaluasi Rencana Penjualan Barang (ERPB).
  3. Metode Penjualan
    1. Penjualan Langsung kepada End User.
    2. Penjualan Spot.
    3. Melalui Distributor dan/atau Agen.
    4. Mengikuti Lelang.
  4. Syarat Penyerahan
    1. Free On Board (FOB) .
    2. Cost Insurance and Freight (CIF).
    3. Cost and Freight (CFR).
    4. Free On Truck (FOT) Pabrik.
    5. Free On Truck Lini II/III.
    6. Ex – works gudang pabrik.
    7. Franco Gudang Pembeli.
  5. Syarat Pembayaran
    1. Penjualan Tunai.
    2. Penjualan kredit dengan Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN) atas persetujuan Direksi PT Pusri Palembang untuk komersil dalam negeri.
    3. Penjualan dengan Letter of Credit (LC) untuk ekspor.
  6. Proses Penebusan Pupuk Komersil
    1. Penjualan Tunai
    2. Penjualan Kredit dengan SKBDN / Letter of Credit (LC)
  7. Proses Pengapalan
    1. Melakukan draught survey untuk pemuatan pupuk curah.
    2. Melakukan tally sheet untuk pemuatan pupuk kantong.
    3. Melakukan trimming di kapal.
  8. Pelayanan Purna Jual
    1. Menanggapi keluhan/komplain, masukan dan saran pelanggan.
    2. Menindaklanjuti keluhan/komplain, masukan dan saran pelanggan.




    Sumber : Surat Direktur Komesil No:82/H000.UM/2017 tentang Standar Pelayanan Minimal