HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Warga Serbu Sembako Murah

04 Agustus 2011 Warga di Kelurahan 1 Ilir dan Kelurahan Kalidoni menyerbu Pasar Murah Peduli (PMP) yang digelar BUMN, kemarin (2/8). Mereka , rela antre dan berdesak - desakan untuk mendapatkan paket sembako berupa beras 5 kg dan gula pasir 1,5 kg seharga 50 ribu. Beruntung kegiatan yang digelar di dua lokasi ini berjalan tertip . Tidak ada warga yang pingsan karena berebut antrean. Pihak penyelengarapun telah menyiapkan masing masing 1.000 paket untuk tiap kelurahan .

"Kami benar benar senang dengan adanya pasar murah seperti ini karena bisa memperoleh sembako dengan harga murah ," kata Muslimah , warga Rt 04 kelurahan 1 ilir , yang sudah antre sejak pukul 08.00 WIB . padahal , kegiatan ini baru dibuka pukul 09.00 WIB.

Menurut dia , saat ini hampir semua harga barang kebutuhan pokok naik cukup tinggi , " Dengan jumlah uang yang sama , kalau beli dipasar atau toko tak akan mungkin saya dapat barang sebanyak dipasar murah," katanya.

Lurah 1 ilir , S Hendra SE MM menjelaskan , Program ini sesungguhnya merupakan perintah dari Kementerian  BUMN untuk membantu masyarakat dalam menyambut Ramadhan dan Idul Fitri. Utamanya warga dari keluarga tidak mampu .

"Dasar Pasar Murah Peduli ini harga yang diberikan ke masyarakat lebih murah 30 persen dari harga yang diberikan ke masyarakat lebih murah 30 persen dari harga jual di pasaran . Kalau ditotal , paket sembako ini di pasaran seharga Rp 71.500, tapi dipasar murah ini hanya Rp 50 ribu ," tuturnya.

Koordinator Penyelenggaraan BUMN Wilayah Sumsel H Fahrurrozi Bey SH MM, menjelaskan , kegiatan ini merupakan hasil sumbangan bersama 10 BUMN yakni BRI , Mandiri , Pertamina , BNI , Telkom , PLN , PTBA  , Pusri, Semen Gersik , dan PTPN . Pasar murah ini , tak hanya dilakukan di Kota Palembang tapi juga diseluruh kabupaten / kota di Provinsi Sumsel.

"Memang , pelaksanannya tak serentak di seluruh wilayah . Namun , jadwal pelaksanaannya di mulai sejak H-1 Bulan Ramadhan sampai H-3 Idul Fitri . Kita berusaha pelaksanaan pasar murah ini berlangsung transparan , bertanggung jawab serta good corporate governance," ungkapnya.(mg 26)