HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Transaksi Rp 5 M, Tingkatkan UMKM Lokal

01 Agustus 2017
PALEMBANG – Gelaran Palembang Expo 2017, berakhir kemarin (31/7).  Dari expo yang dibuka Kamis (27/7), tercatat transaksi hampir Rp 5 miliar.  Dari 60 stan yang ada, pengunjung terbanyak melakukan transaksi di bidang jasa, infrastruktrur dan tekstil.  Meski demikian, capaian transaksi ini masih dibawah target Rp 6 miliar.

“Angka tersebut, masih terus akan kita tingkatkan ke depan.  Setidaknya ada 5.000 pengunjung yang datang selama kegiatan ini, efektifnya empat hari pelaksanaan,” ucap ketua panitia Palembang Expo 2017, Hardayani, dalam penutupan di areal PSCC, sore kemarin (31/7).

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kota Palembang, itu menambahkan, ke depan melalui event yang sama, pembenahan akan terus dilakukan.  Salah satu yang menjadi output dari gelaran ini, disebutnya untuk meningkatkan lagi keterlibatan UMKM lokal.  Dimana saat ini pemkot Palembang tengah mengupayakan pemberian pinjaman dengan bunga yang disubsidi.

Tujuannya tak lain untuk meningkatkan daya saing pelaku UMKM di Palembang, agar naik kelas ke skala nasional.  Kerjasama dengan pihak perbankan, juga akan dilakukan melalui pinjaman dana bergulir, dimana tidak hanya memudahkan.  “Ini akan membuka kesempatan bagi pelaku, pewirausaha baru untuk memulai langkah, juga mengembangkan bisnis yang telah dijalani.  Menjadi salah satu program Pemkot untuk meningkatkan daya saing warganya,” ujarnya.

Wali Kota Palembang H Harnojoyo, mengapresiasi peran serta semua yang terlibat.  Mulai dari BUMN, BUMD, Pemkot/Pemkab di Sumsel serta seluruh pengunjung yang telah meramaikan acara Palembang Expo 2017.

Dalam hal untuk megembangkan kota Palembang, keterlibatan semua pihak menjadi yang utama.  Khusus mengenai pengembangan industri kecil dan menengah yang dimiliki kota Palembang, Harnojoyo menargetkan tahun depan akan muncul 15.000 usahawan baru.  (aja/air)