HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Tak Sampai 10 Menit Api Langsung Padam

11 Juli 2017 Petugas Damkar dan Pol PP Berjibaku Padamkan Api di PT Pusri 

PALEMBANG, SRIPO Kepulan asap hitam diiringi si jago merah langsung membuat siapapun panic di Pusat Pelatihan K3 Komplek Pusri,Selasa (11/7). Beberapa petugas baik dari tim Damkar Kabupaten Muara Enim beserta tim Pol PP Muara Enim dan Pemprov Sumsel langsung dengan sigap menarik selang dari water park.

Api tersebut lantas membesar dan terus menyembur hawa panas. Namun karena kesigapan petugas, akhirnya sijago merah dalam tong berukuran besar tersebut berhasil dilumpuhkan.

Semburan air yang cukup kuat rupanya langsung memadamkan api langsung dari sumbernya.

Begitulah suasana simulasi memadamkan kebakaran yang digelar Departemen K3LH PT Pusri bersama Tim Damkar Muara Enim dan Sat Pol PP Pemprov Sumsel. Maing-masing mengirimkan 13 orang untuk melakukan simulasi tindakan awal saat terjadi kebakaran yang dipandu instruktur dari bebearapa staf K3LH PT Pusri.

Sumardiono selaku staf senior Teknik Keselamatan dan Lingkungan mewakili manajer departemen K3LH mengatakan, kegiatan ini merupakan lanjutan program yang pertama pada 4 juli kemarin, dimana ada tim dari Damkar Muratara beserta Pol PP Oku Timur. “Sesuai arahan manajemen PT Pusri, kita melakukan pelatihan ini dalam rangka berpartisipasi menunjang kompetensi dari tim Damkar dan Sat Pol PP dalam menanggulangi kebakaran khususnya Karhutla,” ujarnya.

Ia menambahkan, program ini akan dilakukan secara berkelanjutan, sekaligus menunjang CSR PT Pusri. Untuk peserta yang ikut merupakan anggota tim yang bervariasi, mulai dari pemula maupun tim inti. “Sifatnya refreshing, baik dari dasar sampai penanggulangannya. Kita tekankan pada tim Damkar, bahkan sebelum melakukan penanggulangan hendaknya menjamin keselamatan diri sendiri dulu. Baik itu proses pemadaman maupun evakuasi,” jelasnya.

Maka itu pihaknya berikan teknik-teknik terbaik dalam menunjang keberhasilan pelatihan ini. Selain itu, pihaknyajuga melakukan penyuluhan kepada mahasiswa, pelajar bahkan kontraktor yang bekerja di PT Pusri. “Kita selalu mengundang pihak tersebut ikut berpartisipasi dalam lomba. Selain itu kalau mereka butuh pelatihan bisa melalui,” jelasnya. (cr9)