HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Stok Urea di Kabupaten Aman

23 Agustus 2011 Palembang - PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang mengklaim stok pupuk Urea di lini II (tingkat kabupaten) saat ini dalam kondisi aman, mencapai 520.000 ton atau meningkat tiga kali lipat dibanding sebelumnya.


Dirut Umum dan SDM, Irwansyah, Jumat (19/8) mengatakan, stok pupuk ini siap didistribusikan ke petani saat musim tanam Oktober mendatang.

“Kami optimistis pada jelang musim tanam petani tidak lagi kesulitan pupuk, terlebih di semua gudang stok ditingkatkan tiga kali lipat” kata Irwansyah menjelaskan.

Peningkatan stok di lini II, Irwan melanjutkan, merupakan komitmen Pusri untuk meningkatkan produksi pangan di Tanah Air.

Selain menyiapkan stok di lini II, Pusri juga telah merealisasikan ekspor pupuk pada tahun ini sebanyak 40.000 ton dari total target sebanyak 100.000 ton. Eskpor tersebut, dilakukan ke beberapa negara ASEAN, yakni Fhilipine, Thailand, Kamboja dan Vietnam.

Harga ekspor sebenarnya sangat tinggi US$450, namun hal itu tidak bisa dilakukan sendiri sebab diatur oleh pemerintah.

Meski ekspor tetap dilakukan, jelasnya, Pusri tetap mengutamakan pasokan pupuk urea untuk kebutuhan di dalam negeri. Terlebih saat ini stok di lini II tetap menjadi prioritas untuk mengantisipasi kelangkaan pada musim tanam oktober mendatang.(Wan)