HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Pusri Tunggu Agenda Presiden Jokowi

08 Mei 2017
PALEMBANG, SRIPO – Direktur Utama PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang Mulyono Prawiro mengaku masih belum bisa pastikan waktu peresmian pabrik baru Pusri IIB. Karena menurut rencana peresmian akan dilakukan oleh Presiden maka waktunya menunggu agenda dari Presiden.

“Belum tahu kita masih menunggu waktu Bapak Presiden,” ungkap Mulyono Prawiro yang bersama jajaran bertemu dengan Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH, Senin (8/5).

Menurut Mulyono setelah selesainya pembangunanPusri IIB sebagai pengganti Pusri II yang sudah tua, BUMN ini berencana kembali akan membangun pabrik baru yakni Pusri IIIB di tahun 2017.
 
“Pembangunan pabrik baru ini bertujuan untuk melakukan efisiensi dan merevitalisasi pabrik yang lama. Kepasitasnya tetap sama tetapi lebih efisien saja sehingga PT Pusri bisa lebih kompetitif, sekarang PT Pusri belum kompetitif karena pabrik beberapa masih lama jadi kita revitalisasi seperti IIB,” terang Mulyono. Dia katakan kapasitas produksi Urea saat ini dengan hadirnya pabrik baru sebesar 2,6 juta ton.

Sementara Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH menyambut baik kunjungan Direktur Utama PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri), Mulyono Prawiro beseerta jajarannya.

Rombongan manajemen PT Pusri ini bermaksud mengundang secara langsung Gubernur Alex Noerdin dalam acara peresmian Pabrik Pusri IIB yang akan diresmikan langsung Presiden RI, Joko Widodo.

Namun, katanya, terkait kunjungan Presiden dan peresmiannya masih dalam pembahasan lebih lanjut. Tentang kedatangan Presiden RI, dia ingin mengajak Pemprov Sumsel untu bekerjasama.

“Dalam menyambut Presiden, PT Pusri ingn Pemprov Sumsel untuk dapat bersinergi bersama melakukan apa saja yang diperlukan terkait kedatangan Presiden RI di Sumsel,” ujarnya.

Dijelaskannya, dengan selesainya Pabrik Pusri IIB maka akan menambah pupuk dan lebih hemat energi. Jadi dengan adanya Pusri IIB target produksi tahun depan akan lebih tinggi.
 
Pabrik Pusri IIB dengan teknologi terbaru, delain ramah lingkungan juga hemat bahan baku gas yakni dengan rasio pemakaian gas per ton produk 31,49 MMBTU / ton Amonia dan 21,18 MMBTU / Ton Urea. Sementara itu, orang nomor satu di Sumsel sangat menyambut baik akan diresmikannya Pabrik Pusri IIB.

“Oleh karena itu, atas nama Pemprov Sumsel kami mendorong penuh apapun yang dilakukan oleh PT Pusri,” kata Gubernur Alex Noerdin.