HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Pusri Targetkan Raih Proper Emas

03 Oktober 2012 PALEMBANG, SRIPO -- PT Pupuk Sriwidjaja Palembang menargetkan raih proper emas atau penilaian limbah peringkat paling atas pada 2014. Direktur Utama PT. Pusri, Mustofa di sela-sela kunjungan kerja Mentri Lingkungan Hidup RI Basthasar Kambuaya di Palembang, Selasa, mengatakan mulai 2011 perusahaan tersebut telah meraih proper hijau.

Upaya meraih proper emas terus mereka lakukan dengan berbagai program lingkungan agar proper hijau bisa bertahan tiga kali sesuai dengan ketentuan kementrian. Menurut dia, pengelolaan dilakukan dengan sistem instalasi pengelolaan air limbah sesuai standar yang telah ditentukan.

Lingkungan perusahaan baik di komplek perumahan maupun pabrik sejak lama hijau ditumbuhi pohon-pohon besar dengan sistem pengolaan sampah yang baik. Ia mengatakan, pihaknya juga melakukan pemasangan biopori pada  sejumlah lokasi, sebagai bentuk upaya mempertahankan kelestarian lingkungan.

Begitu juga dengan program uji emisi kendaraan dinas perusahaan  tersebut secara reguler mereka lakukan, katanya. Menteri Lingkungan Hidup RI Bathasar Kambuaya mengatakan upaya menjaga lingkungan tetap lestari wajib dilakukan semua pihak termasuk perusahaan. Khusus untuk perusahaan penilaian dilakukan secara intensif dengan predikat tertinggi adalah emas, katanya.

Dia menambahkan, perusahaan-perusahaan yang tidak mengelola secara baik lingkungannya akan diberi sanksi. Sanksi tegas, menurut dia, telah mereka lakukan terhadap sejumlah perusahaan, termasuk pencabutan izin kegiatan usaha mereka tidak mengindahkan pembinaan  yang dilakukan pemerintah. Menteri Lingkungan Hidup juga meresmikan Instalasi Pengolaan Air Limbah Domestik Biogas di kawasan permukiman padat Kelurahan 3-4 Ulu Palembang. (Ant)