HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

PUSRI SIAPKAN BIBIT UNGGUL

09 Pebruari 2017
pic936A64BA57F9D66F8B0872E8010F5FED.JPG
PALEMBANG, SRIPO – PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang kembali lakukan panen raya padi di Desa Daya Utama, Kecamatan Muara Padang, Kabupaten Banyuasin, Kamis (9/2).

Disela-sela kegiatan panen raya padi tersebut, Direktur SDM & Umum, Bob Indriarto mengungkapkan bahwa PT Pusri nantinya akan menyiapkan bibit unggul yang diharapkan dapat tahan serangan hama. Bibit ini diperuntukkan bagi kelompoj tani (Poktan) mitra binaan PT Pusri.

“Saat ini kita sudah siapkan hasil riset bibit Ciherang yang tahan hama serta masa panennya lebih cepat yakni hanya tiga bulan. Bibit ini akan kita salurkan pada Poktan binaan Pusri, “jelasnya.

Tidak hanya bibit unggul, PT Pusri sebagai pelaksana Program Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Bebasis Korporasi (GP3K) ini juga menyalurkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) di lima lokasi yakni, Banyuasin, Musirawas, Ogan Komering Ilir (OKI), OKI Timur dan Lampung. Dimana dari ke lima wilayah tersebut, Banyuasin mendapatkan porsi cukup besar.

“50 persen berada di Banyuasin dan 50 persen sisanya terbagi ke daerah lainnya. Tahun 2016 lalu, dana kemitraan yang kami salurkan khususnya di wilayah ini berkisar Rp 8 Miliar. Sedangkan untuk tahun 2017 ini tak jauh berbeda, namun, jika nantinya masih ada petani yang berminat untuk program kemitraan kami, PT Pusri di 2017 sudah mengalokasikan dana Rp 16 Miliar, “jelasnya.

Bob berharap, penyaluran program kemitraan tersebut dapat membantu para petani saat memasuki masa tanam. “Untuk itulah, kami berharap panen petani bisa lebih baik dan jumlahnya meningkat sehingga program penyaluran pinjaman kemitraan ini dapat berjalan lancar. Kami PT Pusri pun siap membantu membina Poktan agar hasil panen berhasil,“ ungkapnya. Penyaluran dana kemitraan ini diberikan salah satunyake Desa Daya Utama, muara Padang yang menjadi lokasi panen raya padi ekmarin. Dimana terdapat enam Poktan yang menjadi mitra binaan PT Psuri, dengan luas lahan 310 Hektar.

“Alhamdulillah, panen kali ini amat menggembirakan hasil panen untuk satu hektar saja berkisar 9,6 ton. Di masa tanam berikutnya kami berharap dapat meningkat lagi terlebih dengan dukungan bibit unggul Pusri. Setidaknya kedepan harapan kami per hektar dapat menghasilkan 12 ton padi, “jelas Bob.
Ditambahkannya, untuk di wilayah Banyuasin, Poktan binaan PT Pusri kini berjumlah 94 Poktan dengan total lahan 4738 Hektar.