HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Pusri Perbaiki Satu Pabrik Tua

18 Juli 2012 Pusri Perbaiki Satu Pabrik Tua

Rabu, 11 Juli 2012 20:04 WIB

"...Satu pabrik yang segera direvitalisasi itu merupakan pabrik urea paling tua di dunia, yakni pabrik Pusri 2 yang dibangun pada tahun 1974... "

Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Pupuk Sriwijaya pada tahun ini segera memperbarui satu dari empat pabrik tua yang dinilai kurang efisien dari sisi bisnis.

Untuk merevitalisasi atau memperbarui pabrik tua itu saat ini sedang dalam proses tender proyek, kata Manager Humas PT Pupuk Sriwijaya (PT Pusri) Masriza Ali Palembang, Rabu.

Satu pabrik yang segera direvitalisasi itu merupakan pabrik urea paling tua di dunia, yakni pabrik Pusri 2 yang dibangun pada tahun 1974.

Mengenai pembangunan pabrik baru itu, menurut Masriza, tetap di lokasi yang lama di komplek kantor pusat Jalan Mayor Zen Palembang, bukan di kawasan pelabuhan Samudera Tanjung Api-api.

Dia menjelaskan, kondisi semua pabrik urea di Palembang memprihatinkan karena sudah berusia tua. Pabrik yang usianya relatif paling muda adalah pabrik Pusri 1 B dibangun pada 1994.

"Keempat pabrik yang dimiliki perusahaan pupuk itu saat ini kondisinya sudah tua, rata-rata usianya 35 tahun ke atas, sedangkan idealnya usia pabrik pupuk maksimal 20 tahun," katanya.

Melihat kondisi tersebut, setelah proyek pabrik Pusri 2 rampung secara bertahap semua pabrik akan direvitalisasi sehingga ke depan perusahaan pupuk urea kebanggaan masyarakat Sumatra Selatan ini bisa kembali berproduksi secara maksimal.

Kapasitas produksi terpasang dari ke empat pabrik perusahaan pupuk itu sekarang ini mencapai 2,262 juta ton per tahun, namun karena kondisinya sudah tua target produksi pupuk urea beberapa tahun terakhir tidak pernah tercapai, kata dia menambahkan. (Yudi)

Editor: Parni
COPYRIGHT © 2012