HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Pusri Lanjutkan Revitalisasi Pabrik Pupuk

13 Mei 2011 PALEMBANG-PT PUPUK SRIWIDJAJA (PUSRI) sebagai perusahaan induk dari lima perusahaan pupuk akan terus melanjutkan rencana revitalisasi pabrik pupuk yang ada di PT Pusri Palembang .

“Saat ini paling tidak sudah ada rencana untuk melakukan revitalisasi terhadap pabrik pusri II, pusri III, pusri IV yang ada di PT Pusri Palembang. Pabrik ini telah berusia puluhan tahun, sangat tidak efisien dalam penggunaan bahan baku gas sehingga membebani biaya produksi” kata Direktur Utama PT Pusri (persero), Arifin S Tasrif, pada penandatanganan nota kesepahaman (MoU) suplai gas dan batu bara PT Pusri Palembang, Rabu (11/5).

Dalam acara yang dihadiri Gubernur Sumatera Selatan (sumsel) Alex Noerdin dan direktur utama PT Pusri Palembang Eko Sunarko, Arifin Tasrif menjelaskan, sejumlah pabrik milik PT Pusri sudah berusia puluhan tahun sehingga layak untuk dilakukan revitalisasi. (Maspril Aries)

Menurut Arifin, rencana melakukan revitalisasi sebenarnya sudah lama , namun tertunda karena belum adanya kepastian pasokan gas dan lahan yang memadai. “Namun kini, dengan adanya jaminan pasokan gas, untuk tahap awal segera dibangun pabrik menggantikan pusri II,”katanya.

Penandatanganan MoU antara PT Pusri Palembang dan PD PDE (Perusahaan Daerah Pertambangan Dan Energi) Sumatera Selatan sangat membantu produksi PT Pusri palembang .

Kini, perusahaan pupuk yang baru resmi berdiri 1 Januari 2011 tersebut , pasca dipisah dari induknya, PT Pusri (persero), sudah mendapat jaminan pasokan gas sebesar 330MMSCFD (million standard cubic feet per day ) atau 2,5 TCF (trilion cubic feet) per tahun .

“Untuk melakukan revitalisasi, kita membutuhkan minimal jaminan pasokan gas untuk 10 tahun. Ternyata , PD PDE mampu menyuplai untuk 20 tahun kedepan,” Tambah Arifin Tasrif.

Arifin juga mengungkapkan , ini peluang untuk perusahaan daerah memenuhi kebutuhan pasokan bahan baku industri pupuk , sebab PT Pusri Palembang saja membutuhkan pasokan bahan baku gas untuk empat pabriknya sebesar 330 MMSCFD.

Sementara batu bara untuk energi listrik sebesar 1 juta ton per tahun. Untuk PT Pupuk Kujang dan PT Petrokimia Gresik dibutuhkan pasokan 650 ribu MMBTU per tahun.