HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Pusri Jamin Stok Pupuk Urea di Sumbagsel Cukup

11 Oktober 2013 Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang menjamin stok urea di wilayah Sumatera Bagian Selatan meliputi Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, dan Bengkulu cukup memenuhi kebutuhan petani pada musim tanam tahap kedua sekarang ini.

"Stok pupuk urea di lini tiga atau tingkat kabupaten sekarang ini tersedia 170 ribo ton," kata Manajer Hubungan Masyarakat PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Sulfa Ganie, di Palembang, Kamis.

Menurutnya, dalam menghadapi musim tanam tahap kedua yang mulai dilakukan sejak awal Oktober 2013, petani yang tergabung dalam kelompok tani tidak perlu khawatir terjadi kekurangan pupuk urea karena stok yang tersedia di sentra produksi pertanian saat ini jumlahnya melebihi dari kebutuhan normal.

"Seluruh provinsi yang menjadi tanggung jawab pemenuhan kebutuhan pupuk petaninya oleh PT Pusri sekarang tersedia cukup banyak atau sesuai Rencana Defenitif Kebutuhan Kelompok (RDKK),"ujar Sulfa.

Dijelaskannya, selain empat provinsi di wilayah Sumbagsel, pihaknya juga menjamin kebutuhan pokok di lima provinsi lainnya seperti Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Daerah Istemewa Yogyakarta.

Untuk memenuhi kebutuhan pokok urea selama musim tanam tahap kedua ini, pihaknya terus berupaya menambah stok yang ada sehingga kegiatan penanaman bisa berjalan lancar.

Penambahan stok pupuk sangat memungkin karena hingga kini produksi keempat pabrik urea yang ada di kota Palembang berjalan normal.

Sementara mengenai kegiatan pengiriman pupuk ke sembilan provinsi yang menjadi wilayah kerja PT Pusri tersebut, sebagian daerah menggunakan jalur darat dan sebagian lagi seperti Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pengirimannya menggunakan kapal dari dermaga Sungai Musi Palembang, kata Sulfa.