HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Pusri Ganti Angkutan Pupuk

10 Pebruari 2011 Palembang, BP
Mengatasi pendangkalan Sungai Musi dalam beberapa tahun ini, PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang akan segera mengganti kapal angkutan mereka dari yang besar menjadi ukuran lebih kecil. Hal ini di lakukan agar pengirimam pupuk bisa berjalan lebih efektif.

“Selama ini angkutan pupuk menggunakan 7 kapal besar dengan kapasitas angkut sebesar 8.500 ton dengan muatan hanya sebanyak 5.000 ton. Pengurangan muatan ini dilakukan untuk mengantisipasi pendangkalan Sungai Musi yang idealnya sedalam 7 meter sekarang menjadi 4 meter,” jelas Direktur Utama PT Pusri Palembang Eko Sunarko, sabtu (5\2).

Oleh sebab itu, penggantian kapal dengan ukuran yang lebih kecil (tongkang) mendesak untuk dilakukan dalam waktu dekat. “Menggunakan kapal kecil sangat efektif untuk mengatasi kedangkalan Sungai Musi, tetapi sangat rentan apabila mengarungi lautan. Untuk itu, kita akan mengganti dengan kapal besar setelah sampai ke muara Sungai Musi,” terang Eko.

Eko yang hadir dalam konfrensi pers Pusri Journalistic Award (PJA) II mengatakan, penggunaan kapal kecil merupakan strategi jangka pendek yang akan segera dilakukan. Sedangkan untuk strategi jangka panjang, akan mencari lokasi pabrik baru yang mampu dilewati kapal dengan muatan sekitar 40.000 ton pupuk.

“Kita berharap Pemerintah Provinsi Sumsel dapat segera mencarikan alternatif lokasi baru. Rencananya memang akan didirikan di Tanjung Api Api karena daerah sana memiliki kedalaman perairan yang cocok untuk dilintasi kapal besar,” ujar Eko.

Dalam kesempatan kemarin, Eko mengatakan bahwa PT Pusri Palembang akan melakukan rekrutmen sekitar 1.100 karyawan baru sampai 2013. Kebutuhan karyawan ini cukup mendesak, karena lebih dari 40% karyawan Pusri yang mengisi jabatan penting saat ini sudah berusia antara 50-55 tahun atau memasuki masa pensiun.

Regenerasi ini, terang Eko, juga bertujuan menjaga stabilitas kinerja Pusri di masa mendatang. Dengan tenaga-tenaga yang berkompeten ini diharapkan Pusri Palembang bisa tetap mempertahankan kapasitas produksi sekitar 2,6 juta ton pertahun. Hasil itu merupakan produksi dari empat pabrik yang dimiliki yakni Pabrik 1B, Pabrik 2, Pabrik 3, dan Pabrik 4 dengan masing-masing produksi sekitar 570.000 ton pertahun.

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum PT Pusri Palembang Irwansyah menambahkan, perekrutan yang akan dilakukan pihaknya berlaku bagi lulusan berbagai disiplin ilmu. Karena jumlah yang dibutuhkan sangat banyak, Pusri akan melakukan sistem perekrutan secara bertahap mulai tahun ini hingga 2013 mendatang.
Khusus untuk perekrutan pertama tahun ini, kebutuhan karyawan PT Pusri meliputi berbagai tingkatan pendidikan mulai dari SMA/SMK hingga perguruan tinggi (PT). masing-masing yakni 40 orang untuk jenjang pendidikan S1, 35 orang untuk jenjang D3 sederajat, serta 35 orang untuk jenjang pendidikan SMA/SMK sederajat. (wan)