HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Pusri Gandeng UNIB Mengolah Bambu

25 Mei 2016

PALEMBANG. PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang menggandeng Universitas Bengkulu dalam mengembangkan tanaman bambu. Kerjasama Pusri-Unib ini dituangkan dalam bentuk kegiatan pelatihan alih teknologi pengolahan bambu yang dipusatkan di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya Kabupaten Ogan Ilir.

Manager Humas PT Pusri Palembang Sulfa Ganie di Indralaya Rabu mengatakan penanaman bambu merupakan program CSR (Corporate Sosial Responsibility) yang sudah berlangsung sejak 2013 lalu melalui program Serumpun Bambu Sejuta Berkah.

Pemilihan bambu karena komditas ini memiliki peluang untuk dikembangkan secara komersial di Indonesia
Program ini kata Sulfa bertujuan untuk menambah pengetahuan dan keterpilan para santri dalam mengolah bambu secara komersial.

“Dalam waktu dekat Pusri akan melakukan bimbingan bagaimana pembuatan produk-produk dari  bambu. Kami akan  melatih tenaga ahli seperti membuat saung, rumah dan angklung dari bambu,” kata Sulfa disela-sela Pelatihan Alih Teknologi Pengolahan Bambu bagi santri, ustadz dan tokoh masyarakat  dilingkungan Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya Kabupaten Ogan Ilir Rabu (25/5).

Di sisi lain kegiatan  CSR Serumpun Bambu Sejuta Berkah ini kata Sulfa untuk mendorong kemandirian masyarakat menuju kehidupan madani dan melahirkan santri-santri yang sukses ke depan. (Ida Syahrul)