HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

PUSRI FOKUS EFISIENSI PABRIK DEMI DAYA SAING

27 Desember 2017
KORAN JAKARTA, PALEMBANG – PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang fokus menggenjot efisiensi sejumlah pabrik untuk meningkatkan daya saing produk di tengah tingginya persaingan.

Direktur Utama PT Pusri, Mulyono Prawiro di Palembang Sabtu (23/12), mengatakan perusahaannya sejauh ini telah menuntaskan pembangunan Pabrik Pusri IIB dan telah menutup operasi Pabrik Pusri II yang sudah tua dan boros.

“Ke depan, perusahaan akan merencanakan restruturisasi pabrik Pusri III dan Pusri IV dan saat ini sudah tahap perencanaan awal,” kata Mulyono yang dijumpai seusai peringatan HUT Pusri.

Ia mengatakan pabrik Pusri IIB terbukti lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar sehingga perusahaan berhasil meningkatkan produksi pupuk urea hingga 10 persen.

Hal ini sesuai dengan alur kebijakan Pupuk Indonesia Holding yang mendorong pusri menghasilkan produk pupuk yang murah namun tetapu berkualitas dalam kaitan meningkatkan daya saing.

Seperti diketahui saat ini, Pusri masih berkutat pada persoalan mahalnya pembelian gas yakni masih enam dolar AS per MMBTU. Sedangkan di sisi lain, seperti China membeli gas dengan harga hanya empat dolar AS pe MMBTU.

Tantangan lainnya, produksi pupuk urea di pasaran internasional juga melebihi permintaan sehingga peluang unutk merambah ke pasar luar negeri juga menjadi kecil.