HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Pusri dan Pupuk Kaltim Akhirnya Dapat Kepastian Pasokan Gas

11 Juni 2013 Jakarta - PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri) dan Pupuk Kaltim V akhirnya mendapatkan kepastian pasokan gas berdasarkan program revitalisasi pupuk dari pemerintah.

"Dari revitalisasi pupuk, 4 industri pupuk sudah ditentukan gasnya, mulai dari Pusri sampai dengan Pupuk Kaltim V, tapi yang belum dapat adalah Gresik (PT Petrokomia Gresik) dan Kujang (PT Pupuk Kujang Cikampek)," ucap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (10/6/2013).

Pasokan gas ke Pusri nantinya, kata Hatta, akan berasal dari Husky Energi sedangkan Kujang mendapatkan pasokan dari EMOI Cepu.

"Dalam Rakor di Kemenko dengan seluruh steakholder termasuk pengguna pabrik pupuk itu menetapkan sebagian untuk pabrik pupuk Pusri digunakan dari Husky, sedangkan Kujang dari Cepu, dari Husky sekitar 85 juta kaki kubik feet per hari (MMSCFD) sedangkan dari Cepu sama sekitar 85 MMSCFD," ungkap Hatta.

Harapan Hatta, dengan pasokan gas ke industri pupuk ini akan menjamin ketahanan pangan Indonesia.

"Untuk ketahanan pangan kita dan planning kita untuk sampai 30 tahun ke depan, gasnya harus menjamin sampai 30 tahun ke depan," tandasnya.


(rrd/dnl)