HALO PUSRI 0800-12-000-11
Media Massa

Pusri Cetak Generasi Ilham

07 Juli 2009 PALEMBANG – PT Pusri mengelar turnamen antar Sekolah Sepak Bola (SSB) se-Sumsel. Event ini dihelat oleh perusahaan pupuk urea terbesar di Asia Tengara ini sebagai bentuk peduli perusahaan terhadap lingkungan. Turnamen ini dilaksanakan di lapangan PT Pusri, 1-9 Juli 2009 dan diikuti oleh 16 SSB yang ada di Sumsel.

Menurut Direktur Produksi PT Pusri, Indra Jaya, turnamen ini bertujuan untuk mengali talenta para pelajar sepak bola sekaligus menjadi wadah untuk menampung bakat pesepak bola usia muda.

Pusri telah mengorbitkan satu pemain yang sangat beken di dunia sepak bola Indonesia. ”Pada tahun 90-an Ilham Jaya Kesuma pernah menjadi binaan sepak bola PT Pusri. Kita ingin para peserta SSB yang mengikuti turnamen ini bisa menjadi generasi penerus Ilham di kancah sepak bola nasional,” kata Indra Jaya kepada Sumatera Ekspres usai meresmikan turnamen antar SSB se-Sumsel kemarin (1/6).

Diakui Indra Jaya, pemain sepak bola Sumsel yang berkiprah di sepak bola tertinggi Indonesia sangat minim. Hal ini tidak terlepas dari kurangnya pembinaan sepak bola usia dini. ”Yang menjadi pemain Sriwijaya FC harusnya orang Sumsel. Namun, karena kapasitasnya kurang memadai jadi para pemain Sumsel belum bisa membela Sriwijaya,” jelasnya.

Turnamen antar SSB se-Sumsel ini dibagi menjadi dua kelompok umur (KU). U 12-14 tahun, dan U-15-17 tahun. Peserta KU 12-14 terdiri dari delapan klub masing-masing, Amoniak, Utilitas, Limas, Indonesia Muda, Fortuna, Borus, Sportivitas, dan S Bagio. Untuk peserta KU 15-17 tahun masing-masing, Urea, Utilitas, Sahabat, Persada, Putra Sukma, Bumi Sriwijaya, Mandiri, dan Pertamina.

Ajang ini menjadi agenda tahunan PT Pusri kedepannya. Event ini menjadi turnamen antar SSB yang pertama kali digelar PT Pusri. ”Kami akan terus mengelar turnamen ini setahun sekali. Mudah-mudahan tahun depan pesertanya lebih banyak dari ini,” ucap Indra Jaya.(mg42)